Konflik Internal Keraton Solo, 4 Orang Luka-Luka

Konflik Internal Keraton Solo, 4 Orang Luka-Luka Konflik Internal Keraton Solo, 4 Orang Luka-Luka. Foto: Ist

SOLO, BANGSAONLINE.com - Peristiwa kericuhan antar kerabat terjadi di Keraton Kasunanan Surakarta, pada Jum'at malam sekitar pukul 19.00 WIB (23/12/2022).

Akibat konflik internal tersebut empat orang terluka sehingga dilarikan ke Rumah Sakt Kustati untuk mendapatkan perawatan. Dalam insiden tersebut terjadi penodongan senjata oleh orang yang mengaku anggota polisi.

Keributan terjadi diduga konflik internal antara kubu Sasonoputra yang mengatasnamakan Sri Susuhunan Pakubuwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (LDA), atau yang selama ini dikenal sebagai kubu Gusti Moeng (putri PB XIII).

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan pihak kepolisian akan mengupayakan mediasi untuk konflik Keraton Kasunanan Surakarta yang kembali memanas tersebut.

"Keraton ini semuanya adalah kerabat. Artinya saudara, kalau pun memang nanti ada hal-hal yang memang kurang terjalinnya komunikasi, kami arahkan untuk masing-masing dari yang ada di keraton ini yang mungkin untuk saling bicara diselesaikan secara kekeluargaan", ujar Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi.

Polisi rencananya akan mengakomodasi pertemuan keduua pihak yang berselisih paham di Keraton Surakarta dalam waktu dekat. Kapolres menyarankan persoalan tersebut diselesaikan dengan baik-baik karena semuanya keluarga. Namun tidak menutup kemungkinan tindakan hukum bakal diterapkan dalam kasus tersebut.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO