Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga Desa Kertosari, KKN Unmuh Madiun Adakan Pelatihan Batik Ecoprint

Bantu Tingkatkan Ekonomi Warga Desa Kertosari, KKN Unmuh Madiun Adakan Pelatihan Batik Ecoprint Peserta pelatihan saat praktik membatik ecoprint yang diadakan oleh KKN Mahasiswa Unmuh Madiun. Foto: HENDRO SUHARTONO/BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Universitas (Unmuh) yang mengikuti program KKN menggelar pelatihan membatik di Desa Kertosari, Kecamatan Geger. Agenda tersebut digelar dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Ketua KKN Unmuh kelompok I, Mahar Widya Permana, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan karena masyarakat di sana belum ada yang memiliki kemampuan membatik. Menurut dia, batik ekoprint adalah batik yang mudah dikerjakan.

"Selama kita di sini, kita sudah lakukan survey. Dan warga disini pelaku UMKM batik belum ada, maka kita adakan pelatihan membatik," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (24/12/2022).

Bukan hanya pelatihan membatik saja, para mahasiswa juga akan menghubungkan hasil produksi batik dari warga yang dilatih kepada penampung hasil produksi batiknya

"Adapun untuk pemasaran, kita juga sudah mengkonekkan dengan pedagang dan juga dinas terkait" pungkasnya.

Ernawati Susanto sebagai peserta dan juga ketua TPPKK desa Kertosari sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa KKN di desanya.

"Sangat senang sekali mas, ada pelatihan membatik ekoprint untuk warga di sini. Nantinya kita bisa produksi batik sendiri" tuturnya bersemangat disela mempraktekkan cara membantiknya. (dro/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO