Hadiri Gathering Wartawan, Bupati Lamongan Sebut Media Massa Percepat Pembangunan di Kota Soto

Hadiri Gathering Wartawan, Bupati Lamongan Sebut Media Massa Percepat Pembangunan di Kota Soto Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat foto bersama wartawan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati , Yuhronur Efendi, mengatakan bahwa media massa sangat membantu mempercepat pembangunan pada wilayah yang dipimpin. Ia mengungkapkan hal tersebut saat menghadiri gathering wartawan pada hari ini, Jumat (23/12/2022).

Menurut dia, menggandeng wartawan dalam rangka membangun daerah merupakan sebuah keharusan, karena masuk dalam kolaborasi pentahelix yang dijadikan dasar Kabupaten menuju kejayaan berkeadilan.

"Siapa sajakah konsep pentahelix ini? Pentahelix ini adalah kolaborasi yang melibatkan semua komponen, yang dalam hal ini adalah akademisi, para wirausahawan, pemerintah, para komunitas, dan media massa. Tentunya, konsep pentahelix ini akan banyak menghasilkan inovasi, dan akan mempercepat kejayaan Kabupaten ," paparnya.

Yuhronur pun menyebut, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di terus mengalami peningkatan dari 2019, yakni sebesar 72,51 menjadi 72,58. Pada 2020 IPM menjadi lebih tinggi dibandingkan IPM Jawa Timur.

"Tentu capaian tersebut tidak bisa dilepaskan dari kolaborasi dan kontribusi, serta peran aktif teman-teman wartawan di Kabupaten ," ujarnya

Pada kesempatan tersebut dia juga meminta kepada media massa agar menjalankan tugas secara profesional. Terkait program prioritas jalan mantap dan alus (JAMULA), Yuhronur menuturkan, Jamula menjadi program super prioritas dan Akhir Tahun ini tuntas sebanyak 41 ruas.

Ia menjelaskan, 41 ruas jalan tersebut untuk menunjang akses kegiatan masyarakat telah dibagi menjadi 2 tahap. Yang mana tahap awal menggarap 21 ruas jalan, yang dikerjakan sejak 8 Juni-4 November kemarin, Kemudian ditahap kedua yang dikerjakan mulai 25 Agustus dan ditargetkan selesai Desember 2022.

"Jamula ialah program suoer prioritas kami yang bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat ini kami targetkan tuntas pada tahun ini," tuturnya.

Pada 2023 mendatang, kata Yuhronur, infrastruktur tetap menjadi program prioritas Pemkab . Dinas PU Bina Marga akan menentukan ruas jalan yang menjadi skala prioritas untuk menjadi bagian dari program Jamula.

"Tahun depan bidang infrastruktur masih ditetapkan menjadi program prioritas. Kita mendapatkan 2,5 DAK, yang nantinya akan kita realisasikam untuk ruas yang ada di Made - Plembon Plembon- Sugio. Kemudian ada di Kiringan daerah rawan banjir itu akan kita teruskan secara bertahap," pungkasnya. (qom/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO