Gus Ipul Apresiasi Seniman Lokal Dilestarikan, Rencananya Anggaran Seniman Ditambah

Gus Ipul Apresiasi Seniman Lokal Dilestarikan, Rencananya Anggaran Seniman Ditambah Gus Ipul dan Ning Fatma Saifullah bersama para seniman tari.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka pagelaran pentas seni se-wilayah Kota Pasuruan, Wali Kota Drs. H. , mengapresiasi seniman lokal Kota Pasuruan.

"Terus terang saya bangga dengan dengan seniman lokal ini. Banyak sekali tarian yang ditampilkan oleh anak-anak kita dari berbagai macam. Ini merupakan budaya warisan nenek moyang dan patut dilestarikan, " jelas panggilan akrab Mantan Wakil Gubernur Jatim tersebut pada BANGSAONLINE.com di Gedung P3GI, Kota Pasuruan, Kamis (22/12/2022) malam.

menjelaskan, seni itu dilihat. Meski bahasa dari seni tersebut sulit bahkan tidak dimengerti, tetapi bisa dirasakan dengan hati.

"Seperti kita mendengarkan lagu kesukaan kita, entah itu lagu Jawa kuno, lagu barat, kita gak paham dengan bahasanya, tapi enak didengar dan nyaman gitu dirasakan," ungkapnya.

memaparkan, ada berbagai pagelaran tari yang ditampilkan oleh para seniman lokal Kota Pasuruan di antaranya seni keroncong, berbagai tari-tarian, pencak silat dan atraksi seni lainnya. Dia juga merencanakan bersama kepala dinas pendidikan dan kebudayaan akan menaikkan anggaran khusus untuk seniman lokal.

"Pak Lucky, kita nanti ditambah anggaranya kalau sudah sesuai dengan rumusanya," kata saat wawancara didampingi kadispendikbud.

Kepala Bidang Kebudayaan , Agus Budi Dharmawan, mengatakan tujuan pagelaran tari itu sebenarnya mewadahi ekspresi mereka untuk menampilkan bakat mereka di depan umum. Sarana seni lokal yang ditampilkan oleh putra daerah untuk menunjukkan karya dari pelaku seni yang berbingkai keagamaan dalam harmonisasi seni.

Dia berharap pelaku seni bisa terus melestarikan seni budaya yang ada di Kota Pasuruan dan terus berkreasi menciptakan karya-karya baru tanpa harus meninggalkan tradisi asli di Kota Pasuruan.

"Kami harap kepada pelaku seni agar terus melestarikan budaya seni asli Kota Pasuruan," pungkas Agus. (afa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO