Gelar Rakerwil, Dekopin Jatim Tolak KSP Berada di Bawah Pengawasan OJK

Gelar Rakerwil, Dekopin Jatim Tolak KSP Berada di Bawah Pengawasan OJK Suasana Rakerwil Dekopin Jatim 2022.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Jatim menggelar rapat kerja wilayah (Rakerwil), Selasa (20/12/2022). Saat itu, Ketua Dekopin Jatim, Slamet Sutanto, mengatakan bahwa pihaknya menolak jika Koperasi Simpan Pinjam (KSP) berada di bawah pengawasan .

Ia menjelaskan, Dekopin Jatim menolak apabila Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) yang memaksa badan usaha KSP berada di bawah pengawasan . Sebab, dalam UU P2SK pasal 191-192 menyebut yang mempunyai usaha unit simpan pinjam itu diawasi oleh .

"Isu regulasi tentang disahkannya UU P2SK terkait pasal 191, 192 dan 298 yang menjelaskan KSP yang mempunyai usaha unit simpan pinjam itu diawasi oleh ," tuturnya

Padahal , kata Slamet, dijalankan oleh dan untuk anggota. Sehingga pemegang sahamnya sendiri digunakan sendiri saling menolong antaranggota.

"Artinya UU P2SK terkait pasal 191, 192 dan 298 berlawan dengan prinsip ," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan penolakan terutama menyangkut pengalihan pengawasan KSP yang saat ini berada di bawah kewenangan Kementerian Koperasi dan UKM dipindahkan ke . Padahal prinsip berbeda jauh dengan lembaga perbankan dan dalam berbagai hal. karena bukanlah Perseroan Terbatas (PT)

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO