Sambut HAB ke-77, Baznas Jatim Bersama UPZ Kanwil Kemenag Jatim Gelar Khitanan Massal

Sambut HAB ke-77, Baznas Jatim Bersama UPZ Kanwil Kemenag Jatim Gelar Khitanan Massal Sejumlah peserta khitanan massal saat foto bersama.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Baznas Jatim bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kanwil Kemenag Jatim menggelar Khitanan Massal bertempat di , Selasa (20/12/2022). Ketua Baznas Jatim, KH Muhammad Roziqi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Baznas Jatim bersama Kanwil Kemenag Jatim dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag Jatim yang ke-77.

"Pada khitanan massal kali ini, kami mengutamakan anak-anak dari masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar Kanwil Kemenag Jatim serta masyarakat secara umum. Juga mungkin dari putra-putra karyawan-karyawati dari Kemenag Jatim sendiri," kata Kiai Roziqi, sapaan KH M Roziqi kepada awak media.

Di samping untuk menyemarakkan HAB yang ke-77, Kiai Roziqi menyebutkan bahwa digelarnya kegiatan khitanan massal tersebut juga bertujuan untuk mensyiarkan ajaran Agama Islam. Di samping sebagai salah satu syarat untuk sahnya ibadah salat, berkhitan sangat erat sekali hubungannya dengan kesehatan.

"Insya Allah, semakin tahun mudah-mudahan minat atau respons masyarakat untuk mengkhitankan di Klinik Baznas Jatim semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya," harapnya.

Kepala Kemenag Jatim Dr H Husnul Maram MHI menjelaskan bahwa untuk memperingati Hari Amal Bakti Kanwil Kemenag Jatim yang ke-77 ini, pihaknya mengutamakan layanan cepat dan memperkuat moderasi beragama. Salah satu bentuk moderasi beragama itu, ia lalu mencontohkan adanya kerja sama dengan Baznas Jatim dalam bentuk khitanan massal ini.

"Alhamdulillah, Baznas Jawa Timur luar biasa. Tiap tahun kita sudah mengadakan khitanan massal. Dan tahun ini peminatnya tambah banyak. Ini artinya, kepercayaan masyarakat terhadap Baznas dan Kanwil Kemanag Jawa Timur luar biasa untuk mengkhitankan putra-putranya di Klinik Baznas Jatim ini," sebutnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO