Pemkab Kediri Gelar All Indonesia Koi Show ke-19

Pemkab Kediri Gelar All Indonesia Koi Show ke-19 Para juri saat sedang melakukan penilaian terhadap ikan Koi yang ikut lomba. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui dinas perikanan menggelar All Indonesia Koi Show ke-19. Agenda tersebut merupakan kontes ribuan berkualitas yang diikuti para peternak dan penghobi dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten , Nurhafid, mengatakan bahwa ada 3.231 ekor yang mengikuti kegiatan itu, dan salah satunya berasal dari Malaysia. Ia menyebut, All Indonesia Koi Show ke-19 berbeda dari sebelumnya (diadakan di Jakarta) karena kontes kali ini berlangsung di Bumi Panjalu.

“Ini merupakan penghargaan APKI (Assosiasi Pecinta Koi Indonesia) kepada pemerintah kabupaten dan Mas Dhito (sapaan akrab Bupati , Hanindhito Himawan Pramana) atas dorongan terhadap perkembangan koi di ,” ujarnya, Sabtu (17/12/2022).

Ia menjelaskan, juri yang dipilih adalah mereka yang telah mengantongi sertifikat judge APKI, dan dipastikan bakal melakukan penilaian secara objektif karena sesuai dengan bidang. Tak hanya merebutkan Piala Bupati, kontes ini juga merebutkan piala Kementerian Perikanan dan Piala Gubernur, dan ditambah dengan 100 kategori tambahan.

Dengan daya tarik tersebut, diharapkan dapat meningkatkan penjualan serta produktivitas di Kabupaten . Nurhafid menyebut, Kabupaten dapat memproduksi setidaknya 78 juta ekor per tahun dengan nilai ekonomis Rp500 miliar.

Dengan menjadi tuan rumah All Indonesia Koi Show ke-19, Dinas Perikanan Kabupaten jugan menginginkan kemunculan koi-koi jenis lokal asli Bumi Panjalu. Sehingga, wilayah yang dipimpin Hanindhito Himawan Pramana itu dapat dikenal dalam cakupan yang lebih luas karena memiliki ciri khas tersendiri.

“Karena koi itu namanya masih jepang, ini ke depan akan saya gagas koi khas ,” pungkasnya. (tia/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO