Meriah, Emil Dardak dan Arumi Bachsin Saksikan Dhoho Street Fashion 7th

Meriah, Emil Dardak dan Arumi Bachsin Saksikan Dhoho Street Fashion 7th Dhoho Street Fashion 7th.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, , berserta istrinya selaku Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin, berkesempatan hadir dan ikut dalam , Sabtu (10/12/2022) malam. Mereka ditemani oleh Wali Kota Abdullah Abu Bakar, dan istrinya yang menjadi Ketua Dekranasda Kota , Ferry Silviana.

Gelaran masih menjadi kegiatan yang sangat ditunggu khalayak ramai. Berbagai karya berbahan Tenun Ikat asli Bandar Kidul Kota ditampilkan dalam agenda tersebut.

Tak hanya itu, di setiap gelaran selalu menyuguhkan konsep menarik dan beda dari tahun lalu. Apalagi, ini baru kali pertama diadakan malam hari, dan tidak menyurutkan antusias para tamu undangan maupun masyarakat umum yang ingin menikmati karya busana para desainer.

Saat memberi sambutan, Emil mengatakan bahwa  sudah diketahui di berbagai daerah. Menurut dia, Tenun Ikat Bandar Kidul telah membangun reputasi yang sangat luar biasa. 

Berdasarkan cerita Wali Kota tadi, kata Emil, sarung goyor ini sebelumnya merupakan salah satu yang mendominasi, hanya saja motif dan warnanya masih monoton. Akhirnya sekarang bisa dilihat, Tenun Ikat Bandar Kidul menjadi jauh lebih fashionable.

Ia pun menyebut, Provinsi Jawa Timur telah bekerja sama dengan Dirjen HAKI, sehingga jika Bandar Kidul memiliki sejarah tentang tenun ikat dari zaman kemerdekaan dan sampai sekarang dilestarikan, hal itu mungkin layak untuk mendapatkan indikasi geografis dalam HAKI.

"Jadi hanya tenun ikat yang dibuat oleh orang Bandar Kidul yang boleh memiliki branding. Dengan tenun ikat didaftarkan HAKI, mudah-mudahan akan meningkatkan minat masyarakat dan nilai jual kain Tenun Ikat Bandar Kidul,” tuturnya.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO