8 Kecamatan di Jombang Rawan Banjir

8 Kecamatan di Jombang Rawan Banjir Suasana banjir di Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - BPBD  menyatakan bahwa sedikitnya terdapat 34 desa dari 8 Kecamatan yang rawan berpotensi mulai sedang hingga tinggi. Sejumlah kecamatan itu yakni Sumobito, Mojowarno, Kabuh, Plandaan, Ngusikan, Wonosalam, Mojoagung, dan Bareng.

Kepala BPBD , Bambang Dwijo Pranowo, mengatakan bahwa termasuk  kategori dengan bencana yang beragam, sehingga dapat juga dipastikan sebanyak 70 desa yang masuk rawan bencana kategori sedang dan 304 desa rawan bencana kategori rendah.

"Rawan bencana kategori sedang ini juga tersebar di sejumlah kecamatan. Sisanya, seluruh desa di 304 desa/kelurahan masuk rawan bencana kategori rendah. Karena pada dasarnya, semua desa masuk rawan bencana," ujarnya, Kamis (8/12/2022).

Pihaknya mengimbau warga di daerah-daerah yang rawan untuk selalu memantau prakiraan cuaca dan memeriksa risiko bencana di wilayah tempat tinggal, serta membersihkan saluran air di kawasan permukiman untuk mengurangi risiko .

"Meski telah kita siapkan personel, peralatan untuk mengantisipasi bencana, masyarakat juga perlu waspada untuk mengurangi risiko bencana ," tuturnya.

Tahun ini, BPBD mencatat sebanyak 150 lebih kejadian bencana yang terjadi pada berbagai wilayah dengan berbagai macam bentuk bencana.

"Tahun ini saja tercatat ada 150 lebih kejadian bencana. Bentuknya beragam, mulai , kebakaran, longsor, angin kencang, dan lain-lain. Namun paling banyak luapan,’’ pungkasnya. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Banjir Bandang di Gunung Pandan Aceh, Satu Orang Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO