Peringati Hari Disabilitas Internasional di Malang, Gubernur Khofifah: No One Left Behind

Peringati Hari Disabilitas Internasional di Malang, Gubernur Khofifah: No One Left Behind Gubernur Khofifah saat memperingati Hari Disabilitas Internasional.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, menghadiri Peringatan Hari Internasional (HDI) di Cemara Ballroom , Kamis (8/12/2022).

Saat itu, ia mengapresiasi peran seluruh elemen strategis yang terus mendorong agar penyandang disabilitas di Jawa Timur menjadi pilar utama dalam pembangunan yang inklusif, berkelanjutan, dan tidak ada yang tertinggal (no one left behind).

"Atas nama , saya menyampaikan Selamat Hari Internasional Tahun 2022, dengan harapan penyandang disabilitas di Jawa Timur dapat menjadi salah satu pilar masyarakat yang mengambil peran aktif menuju tatanan dunia yang inklusif, berkelanjutan, dan tidak ada yang tertinggal," ujarnya.

Ketika menerapkan No One Left Behind, kata , harus ada peluang (equal treatment) yang sama untuk memberi ruang, serta kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas. Artinya, ada apresiasi kepada mereka yang sudah memberikan kesempatan dan peluang berkarya bagi kawan-kawan disabilitas.

"No One Left Behind menjadi bagian penting secara internasional bahwa di negeri ini bahkan di dunia tidak boleh ada satupun yang tertinggal. Kesetaraan perlakuan harus diberikan kepada setiap warga bangsa," tuturnya.

Menurut dia, beberapa institusi menaruh kepeduliaan terhadap penyandang disabilitas, seperti Institusi Polresta Kota yang merekrut penyandang disabilitas bekerja sebagai konten kreator dan bagian Humas. 

Kemudian, lanjut , Alfamart merekrut karyawan dari penyandang disabilitas dan Ketua Rumah Qur'an Sahabat Tuli Kediri sebagai Innovator Tuli Mengaji sudah memberikan akses untuk mereka yang membutuhkan alat bantu agar bisa membaca huruf Al Quran.

"Terima kasih kepada semuanya yang memiliki kontribusi luar biasa. Bahagiakan semua penyandang disabilitas, bahagiakan mereka yang berkebutuhan khusus dan layani mereka sebaik mungkin," ujarnya.

Peringatan HDI bertajuk 'Partisipasi Bermakna Menuju Pembangunan Inklusif dan berkelanjutan', gubernur menyampaikan bahwa peringatan Hari Internasional yang dilaksanakan di ujung berakhirnya pandemi Covid-19 menjadikan issue inklusifitas semakin bermakna.

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO