Pikiran Kreatif Anda, Bisa Memberi Kehidupan Baru Pada Sampah Plastik

Pikiran Kreatif Anda, Bisa Memberi Kehidupan Baru Pada Sampah Plastik Ilustrasi

Oleh: Marcilla Tiaeni*

Kemungkinan anda sadar bahwa ada masalah dengan plastik di sekitar kita. Terlepas dari kenyataan bahwa plastik memiliki banyak kualitas yang bermanfaat seperti murah, mudah dibuat, fleksibel, dan mudah diakses, polusi plastik terus meningkat dan semakin tidak terkendali, sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan yang sangat besar.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Everyday Plastic Survey, 22.891 fragmen plastik dikumpulkan, didokumentasikan, dan diperiksa setiap harinya. Khususnya selama krisis COVID, waktu di mana setiap aspek cara hidup kita terdampak.

Selama beberapa minggu pertama lockdown, ada kekurangan makanan, orang-orang menimbun persediaan, belanja terbatas, dan demi menghindari virus. Penggunaan plastik sebagai kemasan puun terus meningkat. Akibatnya, kita perlu mengembangkan lebih banyak solusi yang dapat memberikan kehidupan baru bagi plastik.

Di sinilah kreativitas bisa berperan untuk plastik di rumah Anda. Karena urgensi daur ulang plastik semakin tinggi setiap hari, Anda juga dapat mengambil bagian dalam upaya tersebut. Mari kita lihat apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah polusi plastik.

Reduce, Reuse, Recycle

Menurut Waste4Change, prinsip 3R (Reduce-Reuse-Recycle) adalah serangkaian tindakan untuk mengelola secara tepat.

Reduce atau mengurangi pembuatan adalah tindakan pertama yang dapat Anda lakukan, diikuti dengan Reuse atau menggunakan kembali, dan akhirnya memberikan kehidupan baru dengan Recycle atau mendaur ulang limbah plastik.

Namun, pengelolaan mencakup dua fase tambahan. Yang pertama adalah Recover atau Pulih. Ini memerlukan pemulihan bahan dari limbah di tempat pembuangan akhir yang sudah tidak dapat digunakan kembali menjadi barang ramah lingkungan atau sumber energi terbarukan.

Disposal atau pembuangan adalah langkah terakhir, ketika ada yang tidak dapat didaur ulang atau dialokasikan ke tempat pembuangan akhir. Jumlah yang harus dikelola di setiap urutan diwakili oleh segitiga terbalik 3R.

Ini menyiratkan bahwa sebagian besar limbah pada dasarnya menurun sejak awal; baru kemudian barang-barang tersebut digunakan kembali, salah satunya dengan teknik atau kerajinan tangan.

Sampah didaur ulang apabila sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi; ini melibatkan peleburan, pemotongan untuk dicetak menjadi barang baru, yang dapat menurunkan kualitas bahan. Jadi, jika Anda berhasil menggunakan kembali atau mendaur ulang plastik, Anda sebenarnya sudah ikut serta menyelamatkan dunia dari polusi plastik.

Daur Ulang Sampah di Rumah

Jika Anda mempunyai waktu untuk menyiapkan sistem daur ulang yang menyeluruh, mendaur ulang lebih sering di rumah tidak akan memakan banyak waktu. Pendekatan ini dimulai dengan menyiapkan area di rumah Anda, di mana Anda dapat menyimpan barang-barang daur ulang, baik itu kotak, wadah, atau tas.

Ingatkan semua orang untuk mendaur ulang sesering mungkin dengan menyediakan tempat khusus untuk yang dapat didaur ulang.

Berikut adalah beberapa ide cepat untuk meningkatkan daur ulang di dalam rumah tangga:

- Anda dapat mendaur ulang berbagai bahan kertas di rumah. Mulai dari buku telepon, kertas kado, amplop, dan kartu ulang tahun yang dapat didaur ulang menjadi kerajinan atau bungkus.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO