Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes Catat Sebanyak 3.117 ODHA di Tulungagung

Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes Catat Sebanyak 3.117 ODHA di Tulungagung Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Didik Eka saat diwawancarai awak media, Kamis (1/12/2022)

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - tahun 2022, di mengusung tema setara dan berdaya artinya adalah Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) setara dengan manusia sehat dan berdaya bisa survive mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten , Didik Eka mengatakan, tanggal 1 Desember 2022 ini, bukan hanya momen untuk ODHA saja, melainkan sebagai pengingat mereka yang sehat agar tidak menunjukkan sikap diskriminasi terhadap orang dengan Human Immunodeficiency Virus.

"Mereka sakit, perlu ditolong jangan malah didiskriminasi atau menstigma mereka," kata Didik setelah melakukan senam massal dalam peringatan Hari AIDS di alun alun , Kamis (1/12/2022).

Menurutnya, dalam keseharian, ODHA di tetap bisa bertanggung jawab pada diri sendiri, keluarga, masyarakat dan mampu berdaya guna dan berkarya, seperti layaknya orang sehat pada umumnya. Sebab, mereka juga mendapatkan terapi antiretroviral (ARV) secara berkelanjutan.

"Kami apresiasi ODHA kita yang patuh mengkonsumsi obat dan rutin mengikuti antiretroviral (ARV) sehingga bisa survive dan berkaca bertanggung jawab untuk pribadi, dan masyarakat," jelasnya

Antiretroviral (ARV) sendiri, merupakan bagian dari upaya pengobatan yang dapat mengurangi risiko penularan HIV, menghambat perburukan infeksi oportunistik, dapat meningkatkan kualitas hidup penderita dan yang terpenting dapat menurunkan jumlah virus (viral load) dalam darah.

Lihat juga video 'Pria di Tulungagung Pepet Perempuan Pengendara Motor Sambil Masturbasi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO