Batik Sekar Ndaru Kreativitas dari Kaki Lereng Gunung Welirang

Batik Sekar Ndaru Kreativitas dari Kaki Lereng Gunung Welirang Motif Batik Sekar Ndaru yang inovatif kini jadi kebanggaan masyarakat Desa Gondang.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - kini jadi ikon batik Mojokerto. Launching karya masyarakat lereng kaki tersebut dihadiri langsung oleh , .

Peluncuran icon batik tersebut dilakukan di Balai , Kecamatan Gondang, Rabu (30/11), bersamaan dengan launching program desa berdaya dari DPMD.

Sejumlah tarian yang dipersembahkan oleh karang taruna memeriahkan acara ini.

"Alhamdulillah saat ini kita berada di , dengan desa berdaya batik Gondang," cetus bupati.

Menurutnya, program desa berdaya berupa ikon asal memang sangat layak dan pantas untuk menjadi program berdaya. Pasalnya, merupakan hasil garapan ibu-ibu dan remaja putri .

"Kita semuanya sudah melihat hasil dari mereka berproses untuk desa berdaya sekar ndaru gondang. Luar biasa, batik-batiknya pantas dan layak dikembangkan," terangnya.

Bupati Ikfina berpesan kepada pemerintah desa untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki . Caranya, dengan mendukung SDM yang ada, serta mengelola potensi batik tersebut melalui BUMDes untuk keberlanjutannya.

"Dengan adanya batik desa Gondang ini secara tidak langsung menuntut warga setempat untuk lebih meningkatkan sdm dan memanfaatkan potensi yang ada di desa gondang," ujar Ikfina.

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas pencapaian desa mandiri, pada tahun 2022 ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan berupa bantuan keuangan khusus (BKK) program desa berdaya untuk 10 desa mandiri di Kabupaten Mojokerto, masing-masing desa mendapatkan bantuan sebesar Rp100 juta. Salah satunya diberikan kepada . (yep/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ngetrail Jelajah Alas Pinggan Pasuruan, Panen dan Cicipi Kopi Lereng Gunung Arjuno':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO