9 Cara Mengatasi Masalah Sembelit

9 Cara Mengatasi Masalah Sembelit Stress bisa memicu terjadinya masalah pencernaan dengan gejala susah buang air besar. (foto: Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sembelit adalah masalah pencernaan akibat turunnya kerja usus. Gangguan pencernaan ini terlihat dengan gejala susah buang air besar atau BAB tidak lancar dalam jangka waktu tertentu.

Salah satu cara untuk mengurangi adalah dengan mengonsumsi makanan yang mempunyai tinggi serat.

Namun, ada beberapa usaha lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi susah buang air besar atau , berikut penjelasan singkatnya!

Cara Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan kondisi dimana seseorang yang mengalaminya akan merasa tidak nyaman, bahkan dapat mengakibatkan nafsu makan menurun. Nah, cara mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Mengonsumsi Vitamin

Mengatasi bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin yang dapat memperlancar proses pencernaan, seperti vitamin B9 (asam folat) dan vitamin C.

Vitamin C membantu mengusung air ke dalam kotoran sehingga membuatnya lebih lembut dan mudah dikeluarkan. Cobalah mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin C, seperti melon dan jeruk.

Sementara, vitamin B9 (asam folat) dapat memberikan stimulasi pada pembentukan asam di saluran pencernaan yang dapat melancarkan buang air besar.

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Sembelit dapat disebabkan karena kurangnya asupan serat. Itu sebabnya, saat mengalami kesulitan buang air besar atau BAB, anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.

Mengonsumsi serat menjadi cara paling efektif mengatasi masalah karena serat dapat menolong penyerapan air ekstra sehingga kotoran yang ada di tubuh menjadi lebih lunak.

Pilihlah jenis serat yang larut karena akan lebih mudah dalam menyerap air, beberapa di antaranya seperti: gandum, brokoli, kacang-kacangan, apel, dan jeruk.

Jangan memilih serat yang tidak larut karena merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat yang justru dapat menaikkan gejalanya.

3. Mengelola Stres

Stres bisa mengakibatkan masalah BAB atau , hal ini terjadi karena saat stres, pergerakan usus menjadi lambat dan menimbulkan susah buang air besar .

Jadi, untuk menangkal terjadinya , cobalah untuk mengelola stres dengan mencari pengalihan seperti menonton film, berbelanja, memancing atau membaca buku.

4. Minum Obat Pencahar

Salah satu langkah efektif untuk mengatasi susah buang air besar adalah mengonsumsi obat pencahar yang bisa didapatkan di apotek.

Simak berita selengkapnya ...