KPU Jatim: Kader DP3 Punya Peran Strategis Wujudkan Kualitas Partisipasi Pemilu 2024

KPU Jatim: Kader DP3 Punya Peran Strategis Wujudkan Kualitas Partisipasi Pemilu 2024 Bimtek Kader DP3 Lanjutan Lokus Kelurahan Semolowaru, Surabaya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 25 kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang dikukuhkan Jatim pada November 2021 lalu diyakini punya peran strategis dalam pesta demokrasi mendatang. Mereka dianggap memiliki peran penting dalam mewujudkan kualitas partisipasi masyarakat pada .

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro, saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader DP3 Lanjutan Lokus Kelurahan Semolowaru, Surabaya, Rabu (23/11/2022).

"Maka penting hari ini kita menyelenggarakan pembekalan lanjutan sebagai komitmen melahirkan kualitas pemilu secara subtansial. Sebab, jika dalam konteks politik dan demokrasi di tingkatan desa sebagai unit terkecil dalam tatanan sosial sudah mandiri dan rasional, harapannya secara akumulatif berdampak pada tingkatan sosial yang lebih besar," ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap kepada suluruh kader selain menjadi agen-agen sosialisasi, menularkan informasi kepemiluan kepada keluarga dan komunitas. Juga dapat berpartisipasi menjadi penyelenggara .

Gogot menyebut, Surabaya telah membuka pendaftaran Badan Ad Hoc untuk PPK dan PPS. Ia mempersilakan para kader untuk mendaftar sehingga terlibat sebagai penyelenggara pesta demokrasi, sehingga  Jatim sengaja mendesain bimtek dengan model pelatihan dan bertujuan agar kader dapat lebih aplikatif saat melakukan sosialisasi.

"Kesempatan kali ini kader akan dibekali materi public speaking dan dinamika kelompok, sehingga mampu mempersuasif masyarakat secara masif dan mampu mendesain agenda sosialisasi lebih menarik," pungkasnya.

Selain dua materi yang diutarakan Gogot, para kader juga dibekali materi terkait tahapan penyelenggaran pemilu dan strategi memerangi hoax, SARA, dan politik uang. Masing-masing akan dibawakan oleh Narasumber, Kasubbag Partisipasi Masyarakat Jatim Prahastiwi, Motivator Indonesia Budi Hariyono, Anggota Kota Surabaya Subairi, dan Akademisi Ilmu Politik Unair, Fahrul Muzakki. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO