Edukasi Mitigasi Bencana Gempa di Jepang

Edukasi Mitigasi Bencana Gempa di Jepang Edukasi Mitigasi Bencana. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - adalah negara yang terletak di titik pertemuan empat lempeng tektonik bumi yakni lempeng Amerika Utara, Filipina, Eurasia dan lempeng Pasifik sehingga memiliki problematika bencana alam.

Problematika bencana yang dihadapi antara lain bumi, aktivitas vulkanik, tsunami, badai salju, dan lain sebagainya. Kondisi geografis yang dikelilingi oleh banyak gunung berapi membuat dijuluki Pacific Ring of Fire atau disebut juga cincin api pasifik.

Problematika bencana alam yang sering dialami ialah guncangan bumi. Bencana tersebut menjadi refleksi serius oleh pemerintah dengan membuat organisasi khusus penurunan resiko bencana yang bernama Fire System Service. Namun, tidak hanya membentuk organisasi, masih banyak upaya pemerintah dalam persoalan pencegahan dan penanganan bencana alam.

Berikut upaya mitigasi benaca yang dilakukan oleh negara :

1. Aturan pendirian bangunan tahan

Sejak tahun 1971, pemerintah telah mewajibkan pendirian bangunan tahan . Aturan tersebut diperketat lagi pada tahun 1981 setelah terjadinya di Prefektur Miyagi. Dilansir dari Real-Estate-Tokyo mengenaai bangunan , sesuai dengan Undang-Undang standar bangunan diwajibkan tahan di atas 6 magnitudo.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO