Cara Membuat Lumpia Goreng Khas Semarang yang Renyah

Cara Membuat Lumpia Goreng Khas Semarang yang Renyah ilustrasi jajanan lumpia goreng (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lumpia merupakan makanan yang terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang digunakan sebagai pembungkus isian yang umumnya berisi telur, sayuran segar, rebung, daging, atau makanan laut.

Di Indonesia, makanan ini dikenal sebagai kuliner khas Semarang dengan cara pembuatan dan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan tradisi masyarakat setempat.

BACA JUGA:

Lumpia Semarang terbagi menjadi dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Perbedaannya terletak pada kulit lumpianya yang di goreng atau tidak. Lumpia basah sangat cocok bagi anda yang menjauhi makanan gorengan.

Kulit lumpia yang dipakai merupakan kulit yang dibuat sendiri dengan resep adonan khusus. Sehingga saat digoreng akan menjadi lebih terasa kerenyahannya.

Pada edisi kali ini, kita akan membahas mengenai lumpia goreng. Oleh-oleh khas Ibukota Jawa Tengah ini memiliki rasa yang lezat serta tekstur yang krispi. Kombinasi rasa gurih dan manis pada bumbu isi lumpia begitu menggoda. Ciri khas lain yang terdapat pada lumpia goreng Semarang adalah ukurannya yang besar sehingga puas dan mengenyangkan.

Cara membuat lumpia khas Semarang

Bahan-bahan

- 6 lembar - Kulit lumpia siap pakai

- 250 gr - Rebung, potong korek api

- 100 gr - Dada ayam, cincang

- 50 gr - Udang kupas, cincang

- 1 batang - Daun bawang, rajang

- 2 siung - Bawang putih, haluskan

- ½ buah - Bawang bombay, cincang

- ½ sdt - Garam

- ½ sdt - Merica bubuk

- 2 sdm - Kecap manis

1 sdm - Saus tiram

1 sdt - Kecap inggris

½ sdt - Kaldu bubuk

- 1 btr - Telur, orak arik

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO