BPBD Kabupaten Kediri Gelar Fasilitasi Forum Pengurangan Risiko Bancana

BPBD Kabupaten Kediri Gelar Fasilitasi Forum Pengurangan Risiko Bancana Sigit Widianto alias Mbah Gendhon saat menyampaikan materi. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - BPBD Kabupaten Kediri menggelar fasilitasi Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) kerja sama antar lembaga dan kemitraan dalam penanggulangan bencana di Ruang Kilisuci, Kantor Pemkab Kediri, Selasa (22/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, BPBD Kabupaten Kediri mengundang tokoh lingkungan hidup dari yang juga Dewan Pengarah , Sigit Widianto, sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Sigit mengatakan FPRB harus menjadi partner BPBD dalam pengurangan risiko bencana di daerah.

Menurutnya, penanganan bencana adalah urusan bersama, termasuk untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Kata dia, hal itu bukan tanggung jawab pemerintah saja.

Karena itu, dalam FPRB seluruh unsur dalam pentaheliks seperti organisasi sosial atau LSM, lembaga usaha, perguruan tinggi, serta media termasuk dari difabel harus dilibatkan.

"Forum PRB harus menjadi mitra kristis terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan bencana. FPRB harus menjadi tempat yang nyaman bagi para relawan yang berada di dalamnya. Semua anggota yang terlibat harus mengedepankan kebersamaan," ujar pria yang karib disapa Mbah Gendhon tersebut.

Lanjutnya, forum PRB memegang peranan penting sebagai wadah pegiat bencana yang mengakomodasi unsur-unsur pentaheliks dalam penanganan bencana.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO