Exotree, Sulap Lahan Kosong Jadi Pekarangan Pangan Lestari

Exotree, Sulap Lahan Kosong Jadi Pekarangan Pangan Lestari Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat memberi sambutan di acara kopi tahu di Kelurahan Mojoroto. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Lahan kosong tempat pembuangan sampah yang berada di lingkungan sekitar RT 02 RW 01 di Kelurahan Mojoroto, Kota Kediri, dianggap kurang sehat oleh warga sekitar. Oleh karena itu, warga berswadaya memanfaatkan lahan tersebut untuk () yang saat ini telah membuahkan hasil.

tersebut bernama . Cerita itu disampaikan Dini, Ketua Kelompok Wanita Tani RT 02 RW 01 Kelurahan Mojoroto, saat acara , Jumat (18/11/2022).

" tempat kami ini juga pernah mendapatkan dana hibah dua kali dari dinas ketahanan pangan dan pertanian (selain dana ). Dana hibah diberikan tahun 2019 dan 2022. Dana tersebut kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan ini," kata Dini.

Ketua KWT Kelurahan Mojoroto ini menerangkan bahwa dana hibah pertama untuk pembentukan green house dan sarana prasarananya. Seperti ornamen untuk rambatan tanamannya.

Lalu, tahun 2022 dana hibah dibelanjakan sesuai rencana anggaran biaya untuk pengembangan. Dana itu dibelanjakan untuk kompos, alat-alat, pipanisasi juga untuk memudahkan dalam penyiramannya.

ini juga telah membuahkan hasil. Hasilnya pun juga telah dimanfaatkan warga dan dijual. Menurut Dini, tiap 2 bulan ini panen dan saat ini ada 8 macam tanaman.

"Kemarin panen kangkung sampai 20 kg, tomat 5 kg, sawi 12 kg, dan yang lainnya. Hasil panen ini dijual di gazebo dan ditawarkan kepada warga sekitar, sehingga sedikit membantu warga sekitar untuk konsumsi pangan sehat. Kita juga titip jual kita pada Kelompok Wanita Tani Burengan," imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Abdullah Abu Bakar, meminta DKPP untuk berdiskusi dengan disbudparpora agar dari Kota Kediri ini ke depannya bisa memasok hasil panennya di hotel-hotel Kota Kediri. Karena di Kota Kediri banyak taman pangan lestari seperti ini.

Wali kota juga mengingatkan bahwa hasil panen bisa dijual di car free day (CFD). Karena beberapa kali dia melihat jika  yang dijual di CFD pasti banyak sekali peminatnya. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO