Siswa SMKN 1 Puspo Olah Paprika Jadi Minuman dan Makanan Camilan

Siswa SMKN 1 Puspo Olah Paprika Jadi Minuman dan Makanan Camilan

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Siswa SMKN 1 di Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan memanfaatkan buah menjadi makanan ringan (camilan) maupun minuman. Hasil dari tangan kreatif siswa itu ternyata banyak peminatnya karena rasanya enak dan gurih anti kolesterol.

Siswa SMKN 1 Puspo Kabupaten Pasuruan langsung mendatangi kantin sekolahnya setiap jam istirahat. Namun pada hari Jumat dan Sabtu ada menu khusus yang dijual oleh kelompok siswa dan siswi.

Sejumlah pelajar menjual makanan dan minuman dari bahan buah . Di antaranya adalah makan ringan berupa kripik, sirup kripik saus terbuat dari bahan buah . Kripik rasa yang khas, selain enak dan gurih olahan ini ternyata di gemari para siswa sekolah setempat dari pada jajan lainnya.

Menurut Selvi Amanda, salah seorang siswa, jajanan dari bahan ini sangat enak renyah dan gurih apalagi baik untuk kesehatan karena tidak mengandung bahan pengawet. Untuk proses cara pembuatannya makanan dan minuman sangat mudah. Dimulai dari menyiapkan bahan-bahannya seperti buah apel gula tepung dan rempah-rempah.

Selanjutnya, dipotong kecil kemudian diblander hingga lembut. Setelah itu direbus. Dalam beberapa menit sudah menjadi olahan yang diinginkan seperti sirup saus dan " rel="tag">kripik .

Dijelaskan Azizah Lusi Sya'bani, siswi pembuat kripik dan minuman , selain pembuatannya mudah bahan- bahannya pun mudah di dapat di sekitar sekolahnya. Untuk harganya 5-10 ribu rupiah baik minuman dan makanan disesuaikan uang saku mereka.

“Yang saya buat in ikan makan ringan. Jadi harganya juga tidak mahal. Terjangkau untuk semua kalangan,” kata Azizah.

Rencananya, selain dijual di kantin sekolah, olahan akan dijual kemasyarakat umum melalui media sosial. Nantinya, usai lulus sekolah mereka akan mengembank an bakat membuat olahan ini untuk menambah pendapatan di rumah atau sekaligus membiayai kuliahnya. (par/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh Bipang Ambawang, Apa Bedanya Dengan Bipang Pasuruan?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO