Tanggapi Keluhan Warga Terkait Limbah Pabrik Gula, DLH Kota Madiun Jembatani Kedua Pihak

Tanggapi Keluhan Warga Terkait Limbah Pabrik Gula, DLH Kota Madiun Jembatani Kedua Pihak Peserta musyawarah yang terdiri dari perwakilan warga Tawangrejo, PG Rejo Agung Baru, dan dinas terkait. Foto : Hendro Suhartono/BANGSAONLINE.com

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) beberapa hari yang lalu mendapatkan keluhan dari warga Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, terkait adanya limbah (PG) Rejo Agung Baru yang melintasi di dekat pemukiman warga sekitar.

Menanggapi keluhan dari masyarakat, DLH mempertemukan kedua belah pihak untuk dilakukannya musyawarah mufakat antara warga dan pihak PG Rejo Agung Baru.

Setelah adanya pertemuan kedua belah pihak yang dijembatani oleh DLH, akhirnya mendapatkan kesepakatan-kesepakatan yang sama-sama saling menguntungkan antara kedua pihak.

Kepala Bidang Penaatan DLH , Feri Indriani menjelaskan rincian dari pokok permasalahan serta batasan kewenangan dari pihak DLH sendiri.

"Disaat kita susuri sungai tidak kita temukan kesalahan. Cuman kalau kita lihat dari karakter limbahnya seperti panas, hitam, berbau kemungkinan ada kebocoran dari pengolahan limbahnya" jelas Feti kepada BANGSAONLINE.com usai musyawarah, Kamis (17/11/2022)

"Kalau seperti itu memang limbah dari Rejo Agung. Namun Rejo Agung tidak merasa kalau limbahnya melewati situ" lanjutnya.

Terkait bahaya limbah, lanjutnya, limbah pabrik tidak berbahaya. Malah bisa menyuburkan tanah kecuali air panasnya. Karena ini bisa mematikan mikroba yang berarti bagi unsur tanah.

Dalam kesepakatan itu, juga tertuang pembentukan tim investigasi yang terdiri pihak kelurahan setempat, DLH, PG Rejo Agung serta dinas yang terkait. Sehingga, bisa kembali menyusuri sungai dan membahas penyelesaiannya. (dro/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO