Bupati Dhito Fasilitasi Kepemilikan Drone Bagi Petani Milenial

Bupati Dhito Fasilitasi Kepemilikan Drone Bagi Petani Milenial Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat mencoba mengoperasikan drone penyemprotan tanaman. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui dinas pertanian dan perkebunan (dispertabun) bekerja sama dengan Hasana Drone meluncurkan program kepemilikan untuk petani milenial.

Program itu seiring dengan harapan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang selama ini menggelorakan smart farming untuk mendukung pengelolaan kawasan agropolitan.

Melalui manajemen pertanian menggunakan teknologi modern, bupati yang merupakan Putra Menseskab Pramono Anung itu berharap dapat menyemangati kalangan petani milenial.

"Saya rasa ini program yang sangat seksi untuk membangkitkan semangat teman-teman petani milenial," katanya, Senin (14/11/2022).

Secara detail, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Anang Widodo menyampaikan, dalam program itu akan dicari dua orang petani milenial sebagai operator melalui proses seleksi.

Mereka yang lolos seleksi akan melakukan kontrak kerja dengan Hasana Drone selama 1 tahun, di mana tiap orang diberi target melakukan penyemprotan 2.000 hektare lahan.

"Setiap bulannya, operator tersebut akan diberikan gaji dan begitu target telah tercapai, akan menjadi milik yang bersangkutan," ungkapnya.

Bagi petani yang akan menggunakan jasa penyemprotan menggunakan dikenakan biaya Rp175 ribu untuk luas lahan 1 hektare. Biaya itu dinilai jauh lebih murah dibandingkan penyemprotan secara manual menggunakan tangki.

Kemudian, penyemprotan menggunakan jauh lebih cepat karena setiap 1 hektare lahan hanya membutuhkan waktu 10 menit. Selain efisien dari waktu dan biaya, penyemprotan menggunakan itu dinilai efektif dalam pengendalian hama.

"Menggunakan ini bisa digunakan gerakan pengendalian hama serentak, karena lahan yang bisa terjangkau lebih luas," tandasnya. (kominfo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO