Dana Minim, Warga Bulusari Pasuruan Gotong Royong Wujudkan Rehab Rumah Gakin

Dana Minim, Warga Bulusari Pasuruan Gotong Royong Wujudkan Rehab Rumah Gakin Warga saat gotong royong membongkar rumah Cholifah, salah satu warga miskin yang mendapat program bantuan bedah rumah dariĀ PemkabĀ Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Sumberpandan Kecamatan Gempol melakukan pembongkaran rumah milik Cholifah, warga miskin yang mendapat bantuan rehab bedah rumah dari Pemkab Pasuruan.

Aksi sosial pada hari Minggu (13/11/2022) itu dilakukan setelah ada kepastian jika yang bersangkutan mendapat bantuan dari Dinas Perumahan Pemukinan (Disperkim) Kabupatan Pasuruan.

Menurut Bambang, Kasun Sumberpandan, Cholifah mendapatkan bantuan RTLH tahun 2022 dari Pemkab Pasuruan lantaran kondisi rumahnya sudah mengkhawatirkan. Kayu bangunan rumahnya sudah banyak yang lapuk dan kayu.

"Adapun anggaran rehab RTLH itu sebesar Rp15 juta, dengan rincian Rp12 juta untuk material dan Rp3 juta untuk upah," jelasnya.

Lanjut Bambang, tetangga sekitar ikut membantu pembangunan karena bantuan Rp15 juta tersebut jelas tidak cukup untuk merehab rumah Cholifah hingga menjadi layak huni. Apalagi beberapa material sudah naik imbas kenaikan harga BBM.

"Maka kami bersama dengan warga musyawarah yang intinya membantu swadaya pembongkaran dengan harapan upah yang ada Rp3 juta bisa dipergunakan untuk kebutuhan material," ujar Bambang.

Tidak hanya membantu tenaga, sejumlah warga yang memiliki rezeki lebih bahkan ikut menyumbang material bahan bangunan untuk Cholifah. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO