Berkat Ketekunan dan Kreativitasnya, Kholik Sukses Jadi Pengusaha Mebel Akar Kayu Jati

Berkat Ketekunan dan Kreativitasnya, Kholik Sukses Jadi Pengusaha Mebel Akar Kayu Jati Empat pohon bonsai dan kreatifitas hasil ukiran dari kayu jati oleh Kholiq di depan rumahnya.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bermodal kreativitas dan kerja keras, akar pohon pun bisa menjadi cuan. Bahkan, omzet ratusan juta rupiah bisa dikantongi Kholik setiap bulannya.

Kholiq, warga Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, ini sukses berkat ketekunannya mengolah . Bersama sang istri, dia menjadi seorang pengusaha pemula kerajinan ukiran dan mebel berbahan dasar kayu jati sejak tahun 2010 lalu.

"Butuh waktu yang tidak singkat untuk bisa seperti saat ini. Kita harus terus mengembangkan kreativitas sekaligus terus mencari inovasi, hingga pada akhirnya kita memilki spesialisasi mengukir ," ujar Kholik berkisah.

"Saya juga menjual ukiran ke beberapa wilayah yang ada di wilayah Jawa Timur seperti Sidoarjo, Madura, Probolinggo, hingga Malang," ujar pria yang memiliki nama asli Sastra Arya ini pada BANGSAONLINE.com, Jumat (11/11/2022).

Dalam membuat kerajinan kayu jati, Kholiq membeli bahan baku berupa akar kayu untuk dijadikan berbagai macam ukiran. Ada yang hanya sekadar hiasan kecil, bahkan meja makan lengkap dengan kursi-kursinya.

Dia membeli bahan baku dari penduduk setempat. Modalnya beragam, ada yang hanya Rp2,5 juta hingga Rp20 juta. Setelah diukir sedemikian rupa bersama 10 pegawainya, harga jualnya pun bisa mencapai Rp5 juta hingga ratusan juta.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO