Surabaya Bersholawat Tumpah Ruah, Khofifah: Bukti Perjuangan Kaum Pesantren Kawal Kemerdekaan

Surabaya Bersholawat Tumpah Ruah, Khofifah: Bukti Perjuangan Kaum Pesantren Kawal Kemerdekaan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ribuan Syekhermania tumpah ruah di sisi timur mengikuti Surabaya Bersholawat bersama Al bin Abdul Qodir Assegaf atau sering disapa , Kamis (10/11/2022) malam.

, Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Tonny Harnanto, dan Wali Kota Surabaya turut hadir dan ikut bersholawat dalam acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Surabaya tersebut.

Syekhermania adalah kumpulan komunitas pecinta sholawat Al bin Abdul Qodir Assegaf. Pengikut komunitas Syekhermania diperkirakan mencapai jutaan orang.

Gubernur mengatakan, keberkahan luar biasa terasa dari tempat Surabaya Bersholawat itu digelar. Hal itu karena tak bisa dilepaskan dari memori perjuangan "Kaum Pesantren", yakni para ulama dan santri yang menggelorakan semangat jihad melawan Kolonial Belanda.

sendiri, lanjut dia, dibangun untuk mengenang peristiwa yang membuat banyak arek-arek Surabaya dan Arek Jawa Timur tewas dalam peristiwa . mengatakan bahwa tempat berdirinya merupakan salah satu titik utama pertempuran.

"Mudah-mudahan semangat pengorbanan dan perjuangan Syuhada yang kemudian diperingati sebagai hari pahlawan menjadi penguat semangat bagi masyarakat Jatim khususnya Kota Surabaya untuk terus bergerak dan berseiring berjuang menuju ridho Allah SWT," tuturnya.

Menurut Gubernur, peringatan melalui Surabaya Bersholawat menjadi momentum penyemangat bagi seluruh lapisan masyarakat. Cara ini, kata dia, menjadi ikhtiar agar Allah SWT memberikan keselamatan bagi seluruh warga Jatim di dunia dan akhirat.

"Malam ini, kita semua bersholawat bersama-sama dengan , harapan kita, gema sholawat yang dilantunkan bersama mudah-mudahan akan memberikan keselamatan dunia akhirat bagi semuanya, dan menjadi penguat kita untuk bisa menjaga dan memupuk rasa persaudaraan dan persatuan antar warga bangsa," ungkapnya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO