Longsor Terjang Lumajang, 6 Rumah Tertimbun

Longsor Terjang Lumajang, 6 Rumah Tertimbun Warga dan petugas dari BPBD Lumajang sedang bergotong royong membersihkan puing-puing longsoran. foto: imron/BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Enam rumah di Dusun Pasirejo, Desa Purerejo, Kecamatan Tempursari, rusak parah akibat tertimbun an tanah yang berasal dari tebing Gunung Kursi, Senin (11/05) malam. Tebing setinggi 50 meter tiba-tiba saja . Longsoran ini akibat kontur tanah tebing yang labil.

Tanah bercampur lumpur dalam jumlah besar langsung saja melorot hingga menimbun rumah warga di bawahnya. Beruntung, bencana tanah yang terjadi tak memakan korban jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Ribowo, S.Sos, mengatakan, peristiwa lonsgor terjadi, sekitar pukul 19.00. Tanah tebing tiba-tiba dalam guyuran hujan lebat sejak seharian, hingga menimbun 6 rumah yang ada di bawahnya.

"Untungnya warga waspada dengan kejadian itu. Sebelum kejadian, terdengar suara keras dari atas tebing yang disusul . Warga yang saat itu belum tertidur cepat berhamburan menyelamatkan diri keluar rumah. Dari pengecekan kami, 6 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak tersebut, terdiri dari 20 orang," kata dia.

Rumah warga yang tertimbun , diantaranya milik Abdulrahman (51), yang mengalami kerugian Rp 100 juta, Karimun (47), dengan kerugian Rp. 75 juta, Sunaryah (40), dapur rusak total dengan kerugian Rp 25 juta, Pitono (30), dapur rusak dan mengalami kerugian Rp 15 juta, Misirah (70), dapur rusak dengan kerugian Rp 15 juta dan Jumadi (68), yang dapur rumahnya rusak berat dengan kerugian Rp 10 juta. "Saat ini, keenam KK dengan jumlah anggota keluarga 20 orang telah diungsikan ke tempat yang aman," terang dia.

Peristiwa bencana , kata Ribowo, sudah ditindaklanjuti BPBD Kabupaten Lumajang dengan mengirimkan 5 personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan bergabung dengan unsur TNI/Polri dan masyarakat setempat.

"Sekarang dilakukan gotong-royong untuk membersihkan sisa an. TRC juga akan mengecek sejauh mana kerusakan dan kerugian yang dialami warga, untuk kami upayakan bantuan," imbuh Ribowo.

Untuk bantuan bagi korban tanah longsror, lanjut Ribowo, Tahap awal, BPBD bersama Kantor Sosial Lumajang langsung berkordinasi penanganan korban . “Hari akan mengirimkan 20 paket bantuan sembako untuk warga yang terkena ," terang dia.

Abdurahman warga setempat mengatakan, sebelum terjadi, terdengar suara gemuruh yang sangat keras dari atas tebing. Tak lama kemudian, pergerakan tanah mulai turun memasuki permukiman warga, membawa material tanah dan batu. "Barang-barang tidak ada yang bisa diselamatkan. Warga semua panik," pungkas dia. (ron/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Longsornya Gunung Batu Alam Cirebon':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO