Mengulik Sejarah Hari Pahlawan dengan Mengunjungi Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya

Mengulik Sejarah Hari Pahlawan dengan Mengunjungi Destinasi Wisata Sejarah di Surabaya Museum Sepuluh November. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE. com - diperingati setiap tanggal 10 November. Pertempuran dahsyat pascakemerdekaan terjadi antara masyarakat Surabaya (Arek-Arek Suroboyo) dengan bambu runcingnya melawan Belanda yang turut memboncengi NICA pada tahun 1945. Jejak pertempuran tersebut dapat dikenang dengan mengunjungi yang terdapat di Kota Surabaya.

Adapun di Surabaya yang dapat Anda kunjungi ialah Museum Sepuluh November. Museum Sepuluh November Surabaya didirikan tanggal 10 November 1991 yang pada saat itu diresmikan oleh presiden RI yang ke 4, KH. Abdurrahman Wahid. Museum ini terletak di Kecamatan Bubutan, berdekatan dengan monumen Tugu Pahlawan.

Tujuan didirikan Museum Sepuluh November ialah untuk mengenang jasa dan keberanian masyarakat Surabaya dalam pertempuran 10 November 1945.

Museum Sepuluh November memamerkan peninggalan-peninggalan dari pertempuran yang berlangsung pada 10 November 1945, seperti senjata yang digunakan oleh rakyat Surabaya, sejata yang digunakan oleh sekutu, serta dokumentasi masa perang.

Bangunan Museum Sepuluh November berbentuk unik dikarenakan letaknya yang berada di bawah tanah. Hal itu menjadikan bangunan ini hanya terlihat bagian atap saja dari permukaan.

Bangunan ini terdiri atas dua lantai yang terbagi atas beberapa zona. Museum Sepuluh November dapat menceritakan secara kronologis peristiwa pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 kepada pengunjungnya.

Biaya masuk ini Rp 5.000/orang. Anda dapat mengunjungi ini weekday maupun weekend dengan jam operasional 08.00 - 14.00 WIB.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO