Kenalkan Inovasi Olahan Toga, Dinkes Lamongan Gelar Festival Asman

Kenalkan Inovasi Olahan Toga, Dinkes Lamongan Gelar Festival Asman Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat menghadiri Festival Asman yang digelar dinas kesehatan setempat.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui dinas kesehatan menggelar Festival Asman Toga (asuhan Mandiri tanaman obat keluarga) dan lomba kreasi berbahan dasar Toga. Kegiatan ini dibuka langsung Bupati , Yuhronur Efendi, di , Rabu (9/11/2022).

Berbagai kreasi olahan tanaman keluarga ditampilkan masing-masing peserta yang berjumlah 32 kelompok Asman, mulai dari kudapan, minuman maupun kreasi lainnya yang berbahan Toga. Bupati mengapresiasi kreativitas para peserta dan upaya Dinkes dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui berbagai inovasi olahan Toga.

Menurut dia, inovasi Toga yang dikenalkan oleh dinas terkait melalui Puskesmas cukup kreatif mulai dari sirup jahe, daun kelor, ada juga yang diolah menjadi kue maupun jajanan yang semuanya bersumber dari tanaman obat keluarga.

"Sangat kreatif dan inovatif dan perlu kita apresiasi sehingga membuat masyarakat lebih mandiri dalam meningkatkan derajat kesehatanya,” ujarnya.

Selain itu, kata Yuhronur, Toga juga bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui olahan tanaman keluarga juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

“Ibu-ibu juga bisa memanfaatkan tanaman obat untuk dibuat sebuah produk yang bisa dijual dan tentu ini akan mampu meningkatkan perekonomian keluarga,” imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO