Sambut Hari Pahlawan, Kapolsek Pare Gelar Pentas Wayang

Sambut Hari Pahlawan, Kapolsek Pare Gelar Pentas Wayang Kapolsek Pare, AKP Bowo Wicaksono, saat mendalang di hadapan anak-anak TK. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka menyambut tahun ini, Kapolsek Pare, AKP Bowo Wicaksono, menggelar pentas wayang. Agenda yang ditonton anak-anak dari TK Dharma Wanita Desa Darungan itu berlangsung di Mapolsek Pare, Rabu (9/11/2022).

Menurut Bowo, pementasan wayang saat peringatan ini untuk mengenalkan nilai-nilai kepahlawanan sejak dini kepada anak-anak. Wayang pahlawan antara lain wayang Soekarno, wayang Hasanudin, wayang RA Kartini dan wayang Imam Bonjol.

"Media wayang ini sengaja kami pilih, karena selain untuk melestarikan budaya warisan leluhur, juga lebih mudah dipahami oleh anak-anak," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, perwira menengah kepolisian yang jago mendalang itu juga mengajak penonton untuk berinteraksi dengan meminta anak-anak untuk menghafal nama-nama pahlawan, serta daerah asalnya. Bagi yang mengetahui akan diberikan hadiah.

"Ayoh siapa yang tahu nama pahlawan ini?" tanya Bowo kepada anak-anak TK sambil membawa wayang bergambar Bung Karno.

"Itu bapak Soekarno, presiden RI pertama," jawab Haris, anak TK sambil mengacungkan tangan.

Di akhir acara, petugas juga membagi-bagikan foto-foto para pahlawan nasional kepada mereka. Bowo berharap, kegiatan ini mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme anak-anak agar mereka meneladani jiwa kepahlawanan dari sosok yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO