Dinsos Kabupaten Kediri Gelar Sosialisasi dan Penguatan KSB di Kecamatan Mojo

Dinsos Kabupaten Kediri Gelar Sosialisasi dan Penguatan KSB di Kecamatan Mojo Para narasumber serta fasilitator sosialisasi dan penguatan KSB yang digelar Dinsos Kabupaten Kediri saat memaparkan materi. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten menggelar sosialisasi dan penguatan KSB (kampung siaga bencana) di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, mulai hari ini, Rabu (9/11/2022) hingga besok, Kamis (10/11/2022).

Ketua FPRB (Forum Pengurangan Risiko ) Kabupaten , Ari Purnomo Adi, mengatakan bahwa tujuan sosialisasi dan penguatan KSB ini adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi penanggulangan bencana kepada masyarakat desa. 

"Ada peran penting masyarakat dalam penanggulangan bencana, yaitu masyarakat bisa memberikan informasi kejadian bencana ke BPBD atau instansi terkait dan bisa melakukan evakuasi mandiri sebelum bantuan datang," ujarnya.

Ari yang hadir bersama Tim Sekolah , Kamid dan Siti Fatimah, menyebut penanggulangan bencana berbasis masyarakat adalah sebuah pendekatan yang mendorong publik dalam mengelola risiko bencana di tingkat lokal.

Menurut dia, KSB adalah model pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat untuk merubah pola pikir dan pola tindak dalam penanggulangan bencana.

Agenda tersebut diikuti Kepala Desa Blimbing, Pamongan, Petungroto, Jugo, Kraton, serta undangan lainnya. Sedangkan narasumber dan fasilitator yang hadir pada hari pertama antara lain Camat Mojo yang memberikan materi tentang penggunaan dana desa untuk kegiatan mitigasi bencana.

Kemudian dari BPBD Kabupaten yang memberi materi tentang managemen bencana dan dari FPRB Kabupaten yang memberi materi tentang pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat.

Untuk hari kedua, materi yang disampaikan adalah tentang manajemen kampung siaga bencana oleh Dinsos Kabupaten , manajemen dapur umum lapangan oleh Tagana Kabupaten , dan penyusunan skenario simulasi geladi lapang kampung siaga bencana dengan fasilitator dinsos, BPBD dan FPRB. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO