Parade Surabaya Juang Siap Jadi Agenda Nasional Tahun Depan

Parade Surabaya Juang Siap Jadi Agenda Nasional Tahun Depan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, saat mengikuti parade juang.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Parade Juang bersiap menjadi acara nasional pada tahun depan. Agenda yang kembali digelar dan sukses itu dihadiri Ribuan warga di memenuhi sepanjang rute parade heroik itu, mulai dari Jalan Pahlawan, Kramat Gantung, Gemblongan, Tunjungan, Yos Sudarso hingga depan Balai Kota

Tahun depan, parade heroik itu dipastikan akan lebih meriah karena agenda besar ini sudah bersiap menjadi acara nasional. Selain itu, Festival Rujak Uleg juga bersiap menjadi agenda nasional.

Dua kegiatan ini sudah dilakukan proses panjang dan proses kurasi dari Pemprov Jatim dan pemerintah pusat. Jika sudah masuk event nasional, tentu promosi lebih meluas dan para pengunjung lebih banyak dari berbagai daerah.

“Jadi, di itu ada dua event yang ditarik ke event nasional, yaitu Parade Juang dan Rujak Uleg. Kalau Parade Juang ini kan tidak dimiliki oleh daerah lainnya di Indonesia, dan hanya dimiliki oleh daerah yang mendapatkan julukan ,” kata Kepala Disbudporapar , Wiwiek Widayati.

Sebelum dua event ini ditarik menjadi event nasional, Pemkot mengikuti sistem kurasi dari pemerintah pusat. Kala itu, semua kabupaten dan kota di Indonesia mengirimkan event-eventnya lalu dilakukan kurasi.

“Nah, yang masuk ke event nasional dari Kota adalah dua event itu,” ucap Wiwiek.

Pada 2023, Parade Juang itu akan lebih meriah karena nanti promosi acara ini juga akan disupport pemerintah pusat, sehingga ini akan menjadi daya tarik para wisatawan untuk hadir dan menyaksikan event nasional ini, karena promosinya juga akan semakin luas.

“Tentunya, ini akan memperkokoh dan semakin menguatkan bahwa event ini tidak ada di daerah lain, selain di ini,” tuturnya.

Selain itu, Wiwiek juga menjelaskan bahwa dua event nasional dari Kota ini akan menjadi komoditas bisnis di . Sebab, ketika event ini ditarik ke event nasional, berarti jangkauan penonton dan pengunjungnya akan semakin luas, sehingga ini akan mengangkat perekonomian .

“Ini salah satu cara kami untuk mendatangkan para wisatawan berkunjung ke ini. Semoga ini juga menjadi pelecut semangat kami untuk terus berkreasi dalam menggelar Parade Juang dan Festival Rujak Uleg ke depannya,” paparnya.

Tahun ini, Parade Juang diikuti oleh 3.500 peserta. Para peserta terdiri dari prajurit TNI, Polri, perangkat daerah di lingkup Pemkot , berbagai komunitas sejarah dan pemuda, serta organisasi kemasyarakatan.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO