Verifikasi Faktual Partai Politik Usai, KPU Jatim Gelar Rakor Persiapan Rekapitulasi

Verifikasi Faktual Partai Politik Usai, KPU Jatim Gelar Rakor Persiapan Rekapitulasi KPU Jatim saat menggelar rapat koordinasi persiapan rekapitulasi hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jatim menggelar rapat koordinasi dalam rangka mempersiapkan rekapitulasi hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik tingkat provinsi. Agenda tersebut dilaksanakan usai pada kabupaten/kota menyelesaikan verifikasi faktual partai politik di setiap wilayahnya.

Ketua Jatim, Choirul Anam, memastikan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa verifikasi faktual menjadi tahapan yang sangat penting, karena akan menetapkan peserta pesta demokrasi mendatang.

“Partai politik menjadi salah satu dari tiga hal mutlak yang harus ada dalam Pemilu, yaitu adanya peserta, penyelenggara, dan pemilih,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Minggu (6/11/2022).

"Dalam pelaksanaan verifikasi faktual tentu banyak ditemui dinamika di lapangan. Berdasarkan hasil pantauan provinsi diperlukan upaya yang tidak mudah, mengingat keterbatasan SDM untuk menjangkau cukup banyak anggota yang menjadi sampel,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan anggota Jatim, Rochani. Ia mengungkapkan, metode Krejcie dan Morgan yang digunakan dalam menentukan sampel telah mempertemukan dengan kondisi di lapangan.

“Sehingga dapat melihat langsung bagaimana populasi keanggotaan partai politik di lapangan, mulai kondisi demografi, geografi, fenomena sosial, dan sebagainya yang patut dievaluasi,” kata mantan Ketua Kota Batu ini.

Sementara itu, anggota Jatim lainnya, Gogot, turut memberi arahan untuk memanfaatkan kegiatan verifikasi faktual sekaligus untuk melakukan sosialisasi. Minimal menginformasikan kapan pelaksanaan .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO