Proyek Tugu Alun-Alun Kota Mojokerto dan Sky Walk Kekurangan Anggaran, Dewan: Ada yang Tidak Beres

Proyek Tugu Alun-Alun Kota Mojokerto dan Sky Walk Kekurangan Anggaran, Dewan: Ada yang Tidak Beres Ketua Komisi A Agus Wahjudi dan anggota komisi II didampingi Kabid Bina Marga PUPR saat sidak proyek pelebaran Jalan Empunala. Foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Proyek Tugu senilai Rp2,8 miliar lagi-lagi dipelototi dewan. Komisi II kecewa lantaran proyek mercusuar tersebut diprediksi bakal kembali mangkrak karena kehabisan anggaran.

Dinas lingkungan hidup (DLH) sebagai pengampu proyek memprediksi membutuhkan tambahan anggaran sekitar Rp1 miliar lebih untuk pengadaan alat pendukung monumen. Sementara legislatif sudah menutup pintu untuk penambahan anggaran proyek yang sempat mangkrak tahun lalu.

Proyek dan pembangunan memang menjadi jujukan sidak komisi II, Rabu (2/11/2022). Dengan formasi lengkap dipimpin langsung Ketua DPRD Sunarto, para wakil rakyat itu mendatangi dua proyek yang berada di Jalan Empunala tersebut. Rombongan datang disambut Kabid Bina Marga DPUPR, Endah Suprihatin dan Kepala DLH Bambang Mujiono.

Item pendukung proyek tugu setinggi kurang lebih 45 meter, yakni lantai batu andesit, kolam ikan, dan lampu taman jadi catatan dewan karena ternyata tidak masuk dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). Padahal sebelumnya sudah ada kesepakatan bersama antara tim anggaran eksekutif dan badan anggaran legislatif tidak ada lagi klausul penambahan anggaran proyek. Hal inilah yang diprediksi proyek tersebut bakal tidak bisa dimanfaatkan tepat waktu.

Komisi bidang pembangunan tersebut juga menyangsikan proyek yang berada di komplek alun-alun bisa rampung sesuai deadline 28 November 2022. Sebab hingga hari ini, masih banyak item yang belum dibangun oleh rekanan proyek dengan pagu Rp10 miliar. Sementara proyek pelebaran Jalan Empunala senilai Rp 101 miliar dipuji karena on the track.

"Ada yang tidak beres dalam perencanaannya. Masak proyek alun-alun sudah hampir jadi baru ketahuan lantainya dan pendukung lainnya tidak masuk hitungan," kecam Sugianto, anggota Komisi II ditemui usai sidak.

Politikus Gerindra ini juga menyoroti model tugu yang terinspirasi era Kerajaan Majapahit. "Mestinya ada Wilwatikta sebagai ikon Majapahit, bukan hanya batu bata ditumpuk seperti itu," tandasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO