Resmikan 6 Desa Devisa Baru di 5 Kabupaten, Gubernur Khofifah Optimistis Kinerja Ekspor Semakin Maju

Resmikan 6 Desa Devisa Baru di 5 Kabupaten, Gubernur Khofifah Optimistis Kinerja Ekspor Semakin Maju Gubernur Khofifah saat meninjau produk ekspor.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia () meresmikan 6 desa devisa baru di Jawa Timur dalam gelaran East Java Export Festival di Hotel Novotel Samator Surabaya, Selasa (1/11/2022).

Mantan Menteri Sosial itu mengaku optimistis, hal tersebut akan mampu meningkatkan kinerja di Jawa Timur, teutama dari pengusaha yang berbasis UMKM. Sehingga, dalam waktu yang sama akan bisa meningkatkan kesejahteraan para pengrajin.

"Alhamdulillah hari ini bertambah 6 Desa Devisa di Jawa Timur. Kita berharap ini bisa meningkatkan kinerja ekpsor, dan sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya pengrajin," ujarnya.

Ia menambahkan, tujuan utama Desa Devisa ialah untuk mengekskalasi pasar produk lokal agar bisa masuk ke ranah . Dalam program ini juga disediakan para mentor ahli yang akan mendampingi pelaku usaha untuk bisa meningkatkan daya saing, hingga produknya laku di pasar , dan sebagai bentuk nyata pemberdayaan masyarakat.

"Melalui Program Desa Devisa ini, bisa kita petakan dan prioritaskan wilayah yang memiliki produk unggulan sejenis, atau produk complementer. Sehingga dapat saling memperkuat dan menguatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

berharap, kuota Desa Devisa di Jatim dari semakin ditambah. Sebab, secara tidak langsung Desa Devisa sebagai merupakan jembatan produk lokal untuk menjadi kunci pertumbuhan ekonomi Jatim, bahkan nasional.

"Ini ikhtiar kita bersama dalam mendukung agar bisa tercapai perluasan market dan peningkatan daya saing dari produk-produk UKM dan IKM kita hingga ke pasar global," ucapnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO