Hadapi Persaingan Global, Kacabdin Lamongan Minta SMK Tingkatkan Kualitas Lulusannya

Hadapi Persaingan Global, Kacabdin Lamongan Minta SMK Tingkatkan Kualitas Lulusannya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Lamongan, Hidayat Rahman.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Cabang Dinas Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten , Hidayat Rahman, mengimbau agar lembaga pendidikan meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi persaingan global.

Menurut dia, kini sudah banyak generasi muda atau lulusan yang sudah berkecimpung di dunia kerja. Namun, mereka harus meningkatkan kualitasnya agar siap ketika dibutuhkan perusahaan.

"Sebelum direkrut menjadi pekerja atau karyawan perusahaan, kemampuan diri atau keterampilan dan keahlian harus diasah terlebih dahulu," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (26/10/2022).

"Memang, lulusan lebih memungkinkan untuk bisa mencicipi dunia kerja lebih cepat tanpa harus melewati masa pendidikan di perguruan tinggi. Tetapi harus digembleng dulu di Balai Latihan Kerja (BLK) biar lebih matang lagi, sebelum diterima di perusahaan," imbuhnya.

Ia menyebut, pemerintah pun bertekad untuk menciptakan pekerja yang profesional dan memiliki kompetensi yang mumpuni. Bahkan, Pemkab sudah mengupayakan dengan berbagai cara memfasilitasi mereka.

"Untuk meningkatkan kualitas lulusan , agar nantinya lebih siap terjun ke masyarakat sebagai tenaga kerja yang kompeten, berkarakter, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, dan berjiwa wirausaha," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertran , Agus Cahyono, mengatakan bahwa pihaknya turut mendorog percepatan dan peningkatan kualitas siswa melalui pelatihan-pelatihan atau kerja sama dengan perusahaan.

"Semoga program yang ada di BLK ini bisa menjadikan siswa lebih terampil dan mandiri, dan bisa menjawab kebutuhan perusahaan sesuai kualifikasi keahliannya. Bila siswa ingin melakukan program pelatihan kerja lapangan, silakan mendaftar terlebih dahulu. Namun, jika sudah lulus harus mengikuti program pelatihan sesuai bakat dan keahlianya," urai Agus. (qom/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO