Terganggu Aktivitas Well Test, Warga Ngambon Bojonegoro Demo Pertamina

Terganggu Aktivitas Well Test, Warga Ngambon Bojonegoro Demo Pertamina Warga Desa/Kecamatan Ngambon, Bojonegoro, saat menggelar demo terkait aktivitas pembersihan sumur minyak atau Well Test yang dilakukan Pertamina.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Warga Desa/Kecamatan Ngambon, , melakukan aksi unjuk rasa di lokasi Proyek Migas Kolibri. Aksi demo itu dilakukan oleh mereka yang merasa terganggu dengan aktivitas pembersihan sumur minyak ().

Masyarakat mengatakan bahwa ada getaran tanah hingga membuat dinding kayu bergetar, suara gemuruh hingga mencium bau tidak sedap, dan muncul asap hitam. Rumah warga dengan lokasi pengeboran ini terdekat berjarak sekitar 100 meter.

Menanggapi demo warga sekitar, pihak operator langsung merespon cepat. Di antara perubahan jadwal agar dilakukan lebih pendek. Humas EP Asset 4 Sukowati Field, Eko Yudha Prawira, mengatakan bahwa sejumlah permintaan warga sudah disetujui, seperti jadwal yang maksimal dilaksanakan hingga 17.00 WIB dan tidak dilakukan saat siang hari.

"Perubahan jadwal jam operasional sudah diubah sesuai permintaan warga sejak kemarin," ujarnya, Senin (24/10/22).

Dengan adanya perubahan jadwal itu, pihak EP Asset 4 Field Sukowati sebagai operator lapangan Kolibri hanya melakukan di jam tertentu. Yakni mulai pukul 06.00-10.00 WIB. 

Kemudian dilanjutkan pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kegiatan tersebut dilakukan mulai Sabtu, 22 Oktober 2022 hingga 14 hari ke depan. Sementara, permintaan kompensasi berupa uang ini pihak perusahaan tidak bisa merealisasikan. 

Sebab, kompensasi yang diberikan kepada masyarakat tidak boleh berupa uang, tetapi dalam bentuk sembako. Selain itu, sesuai ketentuan umum kebakaran dan pemadaman api, yang mendapat kompensasi hanya warga yang berada di radius 100 meter.

"Secara umum aksi berjalan kondusif, dan untuk kompensasi ini masih didiskusikan dengan warga. Sekarang masih di lokasi untuk bersama dengan warga melihat kondisi di lapangan," pungkasnya. (nur/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO