Ibunda Gus Dur Saat Hamil Tiap 3 Hari Khatamkan Al Quran

Ibunda Gus Dur Saat Hamil Tiap 3 Hari Khatamkan Al Quran Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Maulidur Rasul Muslimat NU Jawa Timur dan Pelantikan PC Muslimat NU Surabaya di Jatim Expo International Convention Center, Jalan A. Yani Surabaya, Ahad (23/10/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan generasi sehat lahir batin tak cukup memperbaiki gizi tapi juga perlu kesehatan spiritual sehingga kita bisa mendapatkan putra-putri unggul dan sholeh-sholehah.

Ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat itu kemudian memberi contoh riyadlah atau proses spiritual yang dilakukan ibunda KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), ketua umum PB tiga periode yang kemudian menjadi Presiden RI keempat.

"Bu Nyai Solichah Wahid Hasyim dahulu semasa hamil, tiap 3 hari beliau selalu mengkhatamkan Al-Quran. Ini menjadi catatan kita semua, kalau ingin putra-putri yang terlahir soleh solehah, mendatangkan manfaat, dan memberikan kebaikan bagi masyarakat, bangsa, negara, maka tiap 3 hari khatamkanlah Al-Quran seperti saat bu Nyai Sholichah Wahid Hasyim mengandung Gus Dur," kata Khofifah dalam rangkaian acara kegiatan Maulidur Rasul Muslimat Jawa Timur dan Pelantikan PC Muslimat Surabaya di Jatim Expo International Convention Center, Jalan A. Yani Surabaya, Ahad (23/10/2022).

Menurut dia, ini ikhtiar batin atau spiritual untuk putra-putri sholeh yang akan mendatangkan kebaikan bagi masa depan bangsa.

"Jadi bukan cuma tentang zat besi, mencegah gizi buruk dan stunting. Ini juga harus ditambah dari sisi kesehatan spiritual agar sehat lahir batin,” jelasnya.

Menurut Khofifh, komitmen Muslimat sangat tinggi terhadap kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak khususnya ibu hamil. Komitmen itu mengantarkan Muslimat mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia ().

Penghargaan ini meliputi pemecahan rekor oleh PP Muslimat , yaitu minum tablet zat besi (FE) oleh ibu hamil terbanyak dan komitmen ibu hamil mengkonsumsi makanan dengan nutrisi tinggi terbanyak sejumlah 10.158 orang yang dilakukan secara hybrid.

Kedua rekor tersebut diterima Gubernur Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat .

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO