Pesan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres dalam Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa 2022

Pesan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres dalam Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa 2022 Antonio Guterres. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Jenderal , Antonio Guterres yang dilantik pada 1 Januari 2017 silam memberikan pesan dalam United Nation Day atau Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2022 ini.

Selama 77 tahun, United Nations telah berusaha menciptakan dunia yang lebih baik agar seluruh umat manusia menikmati kedamaian, pengakuan hak asasi manusia, serta kemakmuran.

merupakan produk harapan. Harapan-harapan yang lahir dari seluruh manusia yang diperkuat dengan tekad untuk melahirkan perdamaian dan ketenangan. Pasca Perang Dunia II, bergerak dalam penyelesaian konflik global menuju kerja sama global.

Antonio Gutteres mengatakan bahwa saat ini sedang diuji tidak seperti sebelumnya, namun nyatanya memang diperuntukkan untuk situasi seperti saat ini. saat ini tengah fokus dalam upaya penyelesaian konflik, menanggapi keadaan darurat iklim, memberdayakan perempuan, melindungi pengungsi, dsb.

Antonio Gutteres berpesan, saat ini perlu dihidupkan nilai-nilai dan prinsip yang terkandung dalam piagam di setiap sudut dunia. Cara yang dapat dilakukan ialah dengan menjunjung tinggi perdamaian dan mengakhiri konflik yang membahayakan kehidupan, maka akan terjadi kemajuan global.

Sekretaris Jenderal juga turut memperhatikan kegiatan dalam G20, Antonio Guterres mengirimkan surat kepada para menteri keuangan dan gubernur bank yang berisi meminta kelompok 20 untuk dapat mengubah dan mengarahkan pemulihan ekonomi global.

Pengentasan kemiskinan dan mengurangi ketidaksetaraan juga akan membantu tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Dan untuk melindungi planet, berhentilah kecanduan terhadap bahan bakar fosil dan mulailah revolusi energi terbarukan.

Selain itu pesan dari sekjen yang ke 9 ialah memperhatikan keseimbangan skala kesempatan dan kebebasan perempuan agar terpenuhinya hak asasi manusia bagi seluruh lapisan masyarakat.

"As we mark UN Day, let us renew our hope and conviction in what humanity can achieve when we work as one, in global solidarity", ujar Antonio Guterres.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO