Himpsi dan DP3A Kabupaten Malang Fokus Pemulihan Trauma Korban Tragedi Kanjuruhan

Himpsi dan DP3A Kabupaten Malang Fokus Pemulihan Trauma Korban Tragedi Kanjuruhan Ketua Himpsi Malang M. Salis Yumiardi (kiri) saat menjelaskan layanan trauma healing untuk korban tragedi Kanjuruhan.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang bersama Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Cabang Malang menggencarkan pemberian layanan kepada korban peristiwa tragedi Kanjuruhan.

Layanan untuk para korban tragedi Kanjuruhan dilakukan melalui layanan hotline, kunjungan ke rumah, dan community building bersama tim gabungan. Tim tersebut terdiri dari UPTD PPA , Fakultas Psikologi , , UIN, Unmer, LKK-NU Kabupaten Malang, Save The Children, MDMC, dan Tim Maharesigana .

M. Salis Yumiardi, Ketua , menjelaskan layanan diperlukan karena keluarga penyintas peristiwa Kanjuruhan sampai saat ini masih dalam suasana duka. Karena itu, mereka sangat memerlukan dukungan untuk pemulihan, terutama kondisi psikologis.

"Sesuai data layanan Himpsi Cabang Malang bersama tim gabungan, hingga saat ini sudah melakukan sebanyak 168 layanan ()," kata Sulis.

"Layanan ini tidak terbatas untuk para korban, tetapi terbuka juga sejumlah elemen masyarakat yang berhubungan dengan insiden itu, seperti sopir ambulans dan jurnalis," terang pria yang juga Dekan Fakultas Psikologi , Sabtu (22/10/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala PPA , drg Arbani Mukti Wibowo, membenarkan kondisi keluarga penyitas peristiwa tragedi Kanjuruhan masih diselimuti rasa trauma.

"Pemerintah Kabupaten Malang dengan sigap bersama tim gabungan dengan dukungan Himpsi berfokus pada upaya pemulihan para korban, terutama anak-anak," terangnya

Menurutnya, pelayanan psikososial atau bagi para korban tersebut juga dapat diakses melalui crisis center.

"Dari situ orang bisa dengan mudah di-sharing, siapa saja korban yang memerlukan konsultasi by phone dan bila diperlukan, kami akan melakukan konsultasi dengan home visit," ungkap Arbani. (dad/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO