Clara Tan, Berhasil Keluar dari Toxic Relationship: Jenis-Jenis Pasangan Toxic Menurut Psikolog

Clara Tan, Berhasil Keluar dari Toxic Relationship: Jenis-Jenis Pasangan Toxic Menurut Psikolog Clara Tan, Kontestan ANTM 5. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com- Clara Tan, wanita berwajah oriental yang merupakan kontestan Asia's Next Top Model (ANTM) 5 buka suara mengenai toxic relationship yang dialaminya. Dalam podcast Deddy Corbuzier Clara Tan mengatakan pernah mengalami kekerasan baik secara fisik, mental, dan verbal dari mantan kekasihnya.

"Pria yang sangat saya cintai, yang seharusnya menjaga saya dengan rasa cintanya, alih-alih melakukan itu, ia malah memperlakukan saya seperti sampah dan membuat saya menderita. Saya terluka dan hal tersebut pastinya akan meninggalkan bekas luka selamanya pada saya", ujar Clara Tan.

Clara Tan mengatakan bahwa tujuannya membagikan kisahnya untuk mendorong setiap orang yang pernah mengalami kekerasan untuk dapat berani keluar dari hubungan beracun dan melaporkan tindakan tersebut kepada pihak yang berwenang.

Salah satu langkah awal untuk membangun hubungan yang sehat adalah menyadari beberapa perilaku toxic yang dilakukan pasangan atau diri kita sendiri.

Hubungan bukan tentang mencari atau mencuri kebahagiaan orang lain, tetapi bagaimana kita yang sudah bahagia dengan diri kita sendiri saling menambah kebahagiaan satu sama lain.

Menurut Daud Antonius, Behavior & Character Consultant menjelaskan jenis-jenis pasangan toxic, yaitu:


1. Controller (Possesive-Obsesive)

-Suka mengontrol pasangan secara berlebihan

-Memiliki kecemburuan diluar batas wajar

-Merasa berhak memiliki pasangan seutuhnya sehingga membatasi aktivitas pasangan

-Menuntut pasangan seperti yang diinginkan

2. Bad Temper (Angry-Protector)

-Mudah tersulut amarah dengan hal spele

-Marah tanpa alasan

-Kemarahan biasanya sebagai perlindungan dari ego yang terancam

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO