Ponpes Attahdzib Jombang Sukses Pijahkan Ikan Bawal, Satu-satunya di Indonesia

Ponpes Attahdzib Jombang Sukses Pijahkan Ikan Bawal, Satu-satunya di Indonesia Kolam ikan bawal ponpes Attahdzib, di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pondok di Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten , sukses melakukan metode campur. Hal ini menjadikan satu-satunya di Indonesia yang berhasil memproduksi ikan bawal secara massal.

"Setahu saya, pemijahan model campur itu se-Indonesia baru sini. Kalau yang lain itu, dengan cara disuntik atau striping," ucap Pengurus , Ibnu Sina, Selasa 18/10/22.

Diungkapkan Ibnu Sina, pada 2011, dirinya belajar pemijahan dari sejumlah daerah, di antaranya Pandeglang Banten, Purworejo, dan Yogyakarta. Dari sana, ia mengambil indukan bawal untuk dibawa ke pesantren di .

Ia pun mencoba dengan metode lama yang sudah dilakukan di banyak tempat, yaitu dengan cara disuntik atau striping lalu dicampur telurnya kemudian dipijahkan.

"Di sini berbeda. Di sini bisa menemukan metode baru, gak usah di-striping. Langsung dicampur secara alami, induk betina sama jantan digabung jadi satu tempat. Biasanya, kami memadukannya dua jantan dengan satu betina," terang Putra Pengasuh Pondok , KH Ahmad Masruh ini.

Untuk prosesnya, lanjut Sina, selepas dzuhur ia bersama dengan para santri mengambil indukan. Esok paginya, indukan itu dipilih, lalu diangkat untuk diambil telurnya.

"Lalu kami masukkan ke tempat penetasan itu, ke pemijahan. Setelah telurnya menetas, kami tempatkan pada viber atau tempat untuk penampungan bibit-bibit larva bawal," ujarnya.

Setelah ditunggu selama sekitar 3 hari sampai 1 minggu, dipindah ke tempat yang lebih besar. Pihaknya memindahkannya ke kolam-kolam tanah yang sudah tersedia di pondok pesantren. "Ada juga sebagian dari larva itu dibeli warga sekitar yang minat," ujar Sina.

Setelah dipindah dari tempat penetasan, sekitar 1,5 bulan sudah mencapai ukuran 5 sampai umur 7. Dari situ, ada yang diambil tengkulak dan sebagian untuk kolam-kolam pembesaran di pondok.

"Pondok ini punya kolam pembesaran, kolam pemijahan, juga kolam pembibitan," katanya.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO