Banjir, Ratusan Hektare Lahan Pertanian di Trenggalek Rusak

Banjir, Ratusan Hektare Lahan Pertanian di Trenggalek Rusak Lahan pertanian di Trenggalek yang rusak akibat banjir.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bencana yang terjadi pada beberapa wilayah di Kabupaten belakangan ini mengakibatkan ratusan lahan tanaman pertanian rusak. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertapan) , Didik Susanto, angkat bicara.

Ia berujar, berdasarkan data sementara disebutkan bahwa ratusan lahan pertanian yang rusak itu terjadi di 6 kecamatan yakni Pogalan, Gandusari, Munjungan, Watulimo, Durenan, dan . Lebih detail, lahan tanaman pertanian yang rusak di Kecamatan Pogalan meliputi tanaman jagung seluas 245 , cabe 100 , kacang tanah 75 , dan kedelai 59 .

Disusul kemudian kerusakan lahan tanaman pertanian di Kecamatan Gandusari meliputi jagung 55 , kacang tanah 35 , kedelai 55 . Kerusakan selanjutnya 5 tanaman padi yang terjadi di Kecamatan Munjungan dan Watulimo. Adapun kerusakan tanaman pertanian berikutnya berada di Kecamatan Durenan yakni kedelai 5 .

"Untuk yang itu padi 11 , jagung 42 , dan kedelai 77 ," kata Didik saat dikonfirmasi, Jumat (14/10/2022).

Melihat kondisi tersebut, ia mengusulkan agar para petani yang lahannya terdampak bencana segera mendapatkan bantuan benih padi tahun ini.

"Walaupun itu tidak mengganti semuanya, minimal benih itu disediakan pemerintah sehingga mungkin dia (petani) bisa sedikit termotivasi untuk terus melanjutkan usaha taninya," ujarnya.

Lihat juga video 'Banjir Bandang di Gunung Pandan Aceh, Satu Orang Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO