Kediri Fashion Festival, Para Pengrajin Diminta untuk Berinovasi

Kediri Fashion Festival, Para Pengrajin Diminta untuk Berinovasi Kediri Fashion Festival.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com -  Fashion Festival () tengah berlangsung. Kegiatan bertema 'Gebyar Pesona Batik Khas Kabupaten ' itu dimulai sejak 4 Oktober-15 November 2022.

Dalam agenda tersebut dilombakan baju khas Kabupaten dengan total hadiah puluhan juta rupiah. digelar guna menguatkan identitas Kabupaten yang memiliki motif khas pegringsingan dan lidah api tersebut.

“Lomba baju khas ini persembahan dari Dekranasda Kabupaten yang terus berkomitmen mengembangkan khas Kabupaten ,” kata Plt Dinas Perdagangan Kabupaten , Tutik Purwaningsih, Selasa (11/10/2022).

"Festival bertajuk Gebyar Pesona Batik Khas Kabupaten ini dihelat mulai 4 Oktober hingga 15 November 2022 . Sampai dengan 11 Oktober, setidaknya sudah terdapat 75 peserta yang mendaftar," imbuhnya.

Menurut dia, bakal menambah khazanah di Bumi Panjalu, mulai dari motif hingga baju dengan inovasi model yang terus berkembang. Nantinya, kata Tutik, peserta lomba akan diberi kesempatan untuk membuat busana dengan motif khas mulai 14 Oktober-13 November yang kemudian pemenangnya akan diumumkan pada 15 November 2022.

Ia berharap, para pengrajin di Kabupaten akan terpacu untuk menciptakan model-model baru melalui . Dengan demikian, busana khas lokal ini lebih dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Konsumen atau pemakai juga lebih tertarik dengan banyaknya pilihan model dari motif khas Kabupaten ,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati , Hanindhito Himawan Pramana, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan khas wilayahnya dalam berbagai inovasi. Corak dengan karakteristik Kabupaten ini di-launching tahun lalu. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO