Rumah Restorative Justice Dinilai UNODC Dapat Mencegah Konflik

Rumah Restorative Justice Dinilai UNODC Dapat Mencegah Konflik Collie F Brown, Tim United Nations Office On Drugs and Crime (UNODC), berkunjung ke Rumah Restorative Justice Desa Junrejo, Kota Batu, Senin (10/10/2022).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Keadilan restoratif atau yang diterapkan oleh kejaksaan mendapat respons positif dari kantor urusan narkoba dan kriminal atau ().

Collie F Brown, Country Manager  mengatakan keadilan restoratif merupakan salah satu bentuk penegakan hukum menuju peradilan yang humanis. Oleh karena itu, penerapan pendekatan keadilan restoratif di kejaksaan perlu dicontoh.

"Restorative justice merupakan topik penting, sebab  ada dua hal penting di dalamnya. Yaitu pertama ada tentang pencegahan dan pemulihan. Ini adalah salah satu terbaik di dunia," kata Collie saat acara kunjungan Tim terkait di Kantor Desa Junrejo , Jawa Timur, Senin (10/10/2022).

Menurutnya, rumah bisa digunakan untuk mencegah konflik sebelum konflik meluas menjadi lebih besar. Namun jika konflik sudah membesar, maka bisa digunakan untuk proses pnyelesaian sekaligus pemulihan.

"Jadi ini bisa memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk turut berpartisipasi. Dan memberikan ruang kepada pihak lain saling bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik. Kami sangat semangat untuk melihat dan belajar lebih jauh program yang ada di ," ungkapnya.

Ia mengaku sangat mendukung kegiatan studi pertukaran dengan kejaksaan. Bahkan, pihaknya berjanji akan mempromosikan Indonesia, khususnya  karena memiliki program yang bagus.

"Kami memberi apresiasi perihal upaya yang telah diberikan kejaksaan. Saya sangat mendukung program yang ada di sini. Untuk membuatnya lebih baik lagi dan berkembang, tentunya kami akan mendukung lebih jauh lagi," jelasnya.

Ia menyatakan akan datang ke lagi. Tetapi tidak untuk bertugas, melainkan menjadi turis atau wisatawan. (adi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO