Antisipasi Banjir, Bupati Gresik Cek Rumah Pompa Pembuangan Air

Antisipasi Banjir, Bupati Gresik Cek Rumah Pompa Pembuangan Air Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, didampingi Kepala Dinas CKPKP, Ida Lailatus Sa'diyah saat mengecek pekerja membersihkan sampah di sekitar rumah pompa. Foto : SYUHUD/BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani, lakukan pengecekan rumah pompa air pengendali banjir, di Desa Pulopancikan, Kecamatan , Kabupaten , Senin (10/10/2022).

Sidak ini, dilakukan untuk memastikan saluran dan tempat pembuangan air layak menghadapi musim penghujan.

Saat di lokasi, Gus Yani sapaan akrab Bupati ini, melihat tumpukan sampah yang tertahan di muara kali. Sampah tersebut, akan berpotensi saluran air tidak lancar, sehingga menyebabkan banjir apalagi kondisi curah hujan yang tinggi.

"Ini kan sudah masuk musim hujan, saya miris melihat tumpukan sampah seperti ini. Gimana tidak banjir kalau kondisinya seperti ini," ucap Gus Yani saat melihat tumpukan sampah.

Ia meminta, masyarakat untuk sadar terhadap kondisi lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarang.

"Kita sudah berupaya mengantisipasi banjir, namun dukungan masyarakat juga menjadi hal yang sangat penting. Mohon untuk tidak membuang sampah di bantaran kali. Kasihan warga yang terkena dampak. Disisi lain kasihan juga petugas-petugas tiap hari nyebur ke kali untuk bersihkan sampah," harapannya.

Gus Yani mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan satu unit ekskavator untuk melakukan pembersihan muara kali. Tujuannya, agar pembersihan sampah dapat dilakukan secara maksimal.

"Ini juga sebagai langkah antisipasi dan mitigasi banjir. Mudah-mudahan dapat dimaksimalkan sehingga tidak terjadi banjir," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas CKPKP , Ida Lailatus Sa'diyah menambahkan, banyaknya tumpukan sampah di kali, lantaran masyarakat membuang sampah sembarangan di sungai ini.

"Sudah berkali-kali dibersihkan, tapi muncul sampah lagi. Saya minta agar masyarakat tidak membuang sampah di kali," katanya. (hud/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO