Pemkot Kediri Bebaskan Denda Sanksi Administratif

Pemkot Kediri Bebaskan Denda Sanksi Administratif Ilustrasi.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot kembali membebaskan denda administratif pembayaran terutang, seperti yang telah tertuang dalam surat keputusan Wali Kota No. 188.45/393/419.033/2022. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada wajib daerah di Kota Tahu.

Kepala Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota , Sugeng Wahyu Purba Kelana, menjelaskan bahwa pembebasan sanksi administratif ini ditujukan untuk wajib yang belum melunasi nya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

"Pembebasan sanksi administratif atas keterlambatan pembayaran daerah ini berlaku untuk masa tahun 2002 hingga tahun 2022 yang sudah melewati jatuh tempo pembayaran," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (10/10/2022).

Ia menyebut, ada 8 jenis daerah yang mendapatkan keringanan dan program ini berlaku untuk semua daerah Kota yang meliputi bumi dan bangunan (PBB), hotel, restoran, hiburan, air tanah, reklame, penerangan jalan (PJJ), dan parkir.

Selain untuk memberikan keringanan kepada wajib , program ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan budaya taat dan tertib kepada masyarakat Kota .

"Untuk proses pembayarannya cukup mudah, wajib dapat melakukan pembayaran melalui BNI, Bank Jatim, Bank Mandiri, OVO, GoPay, Alfamart, Indomart, dan Kantor Pos. Selain itu juga bisa membayar melalui e-commerce Tokopedia, Shopee dan Blibli," imbuh Sugeng.

Sedangkan periode pembayaran, dimulai tanggal 1 Oktober 2022 hingga 31 Oktober 2022. Jadi diimbau kepada para wajib Kota untuk segera melakukan pembayaran dan manfaatkan keringanan melalui program pembebasan denda administratif ini.

Melalui program ini, pihaknya berharap masyarakat semakin termotivasi untuk segera melunasi piutang-piutang tanpa harus membayar denda. Di mana denda keterlambatan ini sebesar 2 persen per bulan dan maksimal 24 bulan (48 persen dari tunggakan).

"Ayo lunasi nya, nikmati manfaatnya dan awasi penggunaannya," kata Sugeng. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO