Antisipasi Banjir, Pemkab Nganjuk Bangun Embung Sambut Musim Hujan

Antisipasi Banjir, Pemkab Nganjuk Bangun Embung Sambut Musim Hujan Alat berat saat sedang menguruk lahan lokasi pembangunan embung di Kelurahan Mangundikaran. Foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi bencana banjir saat musim hujan yang diperkirakan dimulai bulan Oktober ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk membangun embung di , .

Bangunan penampung air ini diharapkan meminimalisasi risiko banjir yang terjadi saat curah hujan tinggi akibat kiriman air dari Sungai Kuncir.

Camat Nganjuk Hari Moekti mengatakan, saat ini proyek pembangunan embung masih dalam proses pengerjaan.

Menurutnya, tujuan dibangunnya embung sebagai penampung air saat Sungai Kuncir meluap. "Saya berharap dengan adanya embung tidak lagi banjir," kata Hari.

Hal senada disampaikan Lurah Mangundikaran, Affan, yang secara teknis membidangi pekerjaan dari Dinas PUPR Nganjuk tersebut.

"Memang embung ini berada di kawasan kerja saya," jelas Affan, kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (06/10).

Ia mengungkapkan, embung seluas 1,1 hektare ini akan mampu menampung volume air 4 ribu meter kubik kiriman dari delapan kelurahan yang rutin terdampak banjir saat musim hujan.

Kedelapan Kelurahan yang tahun lalu terdampak banjir yaitu Jatirejo, Cangkringan, Kartoharjo, Ploso, Payaman, Kauman, Bogo, Mangundikaran, dan Kramat.

"Saya berharap pekerjaan embung ini bisa selesai tepat waktu, apalagi saat ini sudah mulai musim hujan," tandas Affan.

Menurut informasi yang didapat, pembangunan embung itu ditarget selesai tahun ini. (bam/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Jelang Lebaran, Pemkab Nganjuk Gelar Gerakan Pangan Murah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO