Hadiri Pembukaan PJB Connect 2022, Gubernur Khofifah Paparkan Pengembangan EBT di Jatim

Hadiri Pembukaan PJB Connect 2022, Gubernur Khofifah Paparkan Pengembangan EBT di Jatim Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat menghadiri pembukaan PJB Connect 2022.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, menghadiri pembukaan Connect 2022. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang digelar Nusantara Power mulai hari ini, Selasa (4/10/2022) sampai Kamis (6/10/2022).

Saat itu, menegaskan bahwa Provinsi Jawa Timur kini tengah gencar melakukan pengembangan energi baru terbarukan (). Hal tersebut seiring dengan upaya mewujudkan target Indonesia Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Ia menyebut, sejumlah upaya pengembangan telah dirumuskan dalam () Jawa Timur, serta diwujudkan dalam beberapa program. Seperti pemberian insentif 90 persen pajak kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, hingga pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berbasis rooftop di banyak titik.

" telah memiliki Perda nomor 6 tahun 2019 tentang (), Surat Edaran nomor 671/630/124.5/2022 tentang Implementasi Pemasangan PLTS Atap Pada Gedung Pemerintah dan Swasta, SE no 671/851/124.3/2022 tentang Imbauan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Batterai di Jawa Timur," paparnya.

"Ke depan, tentu kami berharap bisa meluaskan rasio elektrifikasi sampai tahap light for all. Di Jatim sendiri, rasio elektrifikasi kita saat ini sudah mencapai 105,47 persen. Kami juga punya 573 unit PLTS berbasis rooftop," tuturnya.

"Format pengembangan PLTS rooftop ini yang kini sedang kita ingin maksimalkan, terutama pada basis-basis komunitas masyarakat seperti daerah-daerah sentra nelayan, sentra TPI dan daerah-daerah yang hari ini punya kekuatan ekonomi besar tetapi belum bisa terakses oleh listrik yang mencukupi," lanjut .

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengungkapkan, secara kontinu terus menanam pohon mangrove. Yang mana, diharapkan dapat menjadi bagian penguatan yang dapat mempercepat tercapainya NZE.

"Mangrove ini produksi oksigennya 5 kali lipat lebih banyak daripada tanaman di darat. Ini sedekah oksigen kita, sehingga insya Allah menjadi ibadah dan amal kebaikan kita," ungkapnya.

mengaku, Jawa Timur sudah menjalankan pemberian insentif Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Listrik hingga 90 persen bagi pengguna kendaraan listrik. Di mana, penggunanya di Jatim tercatat mencapai 1.546 kendaraan listrik.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO