Wakil Bupati Madiun Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa

Wakil Bupati Madiun Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa Foto bersama Koordinator TPP Jawa Timur, Muhammad Ashari (baju putih, kiri) dan Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryantofoto bersama pendaping desa se-Kabupaten Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Penggiat Desa Indonesia (ABDI) Kabupaten menggelar peningkatan kapasitas mandiri dengan peserta tenaga pendamping Desa (PD) di rumah makan I Club Kota dan dibuka oleh Wakil Bupati , Hari Waryanto, Senin (3/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Hari Wuryanti yang akrab disebut Mas Hari berharap, setelah pelatihan itu, Pendamping Desa dapat mentransfer ilmu dan dapat meningkatkan kualitas desa.

"Tenaga pendamping profesional adalah tenaga pendamping yang mendampingi secara totalitas seluruh hal yang terkait dengan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, desa memiliki karakter dan masalah masing masing semisal stunting, kemiskinan ataupun pertanian ekonomi menjadi salah satu permasalah kita yang harus diatasi kita," katanya.

Lebih lanjut, Ia menyatakan, ada 4 desa di Kabupaten yang masih berkembang. Sehingga, di tahun depan, sudah tidak ada lagi desa berkembang.

"Dari hasil validasi, terdapat 44 desa mandiri, 150 desa maju, dan 4 desa berkembang. Untuk desa yang tertinggal sudah tidak ada, hal ini merupakan peran pendamping dari 198 desa. Target kita, tinggal 4 desa menjadi maju maupun mandiri. Disinilah Peran pendamping, harus bisa mendorong dan mewujudkan hal tersebut," harapannya.

Sementara itu, Koordinator TPP Jawa Timur, Muhammad Ashari, juga menegaskan PD harus bisa melakukan visioning peningkatan PAD dan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO