Bupati Muhdlor Apresiasi PWI Sidoarjo Kenalkan Dunia Jurnalistik untuk Santri

Bupati Muhdlor Apresiasi PWI Sidoarjo Kenalkan Dunia Jurnalistik untuk Santri Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor bersama para santri saat 'Ngaji Jurnalistik Santri', di Pendapa Delta Wibawa, Rabu (28/9/2022). Foto istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, mengapresiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten yang mengenalkan ilmu jurnalistik ke kalangan santri di Kota Delta.

Hal itu disampaikan, saat ia membuka diklat jurnalistik bernama Ngaji Santri dengan tema Menguatkan Literasi Media di Lingkungan Pesantren, yang digelar PWI , di Pendapa Delta Wibawa, Rabu (28/9/2022).

"Intinya harus berani memulai dulu. Santri gak boleh kalah, banyak santri yang jadi pejabat dan tokoh tersohor dan sebagainya. Saya sangat mengapresiasi langkah dari PWI . Semoga dari pelatihan jurnalistik ini menjadi manfaat dan dapat diterapkan secara keilmuannya," kata Gus Muhdlor sapaan akrab bupati.

Ia menambahkan, peran santri selama ini, masih dipandang terbatas dalam mewarnai dunia informasi, terutama informasi digital. Selain itu, masyarakat juga masih memandang sebelah mata tentang pesantren.

Hanya beberapa pondok pesantren saja yang mampu mengejar ketertinggalan di dunia digital.

"Kenapa fenomena itu bisa terjadi? Karena pondok pesantren kurang menekuni ilmu jurnalistik,” tambahnya.

Gus Muhdlor mencontohkan, ada santri yang meraih prestasi tingkat Asia. Namun, hal itu tidak jadi berita nasional. Karena dari ponpes sendiri yang tidak mempunyai kemampuan jurnalistik dan tidak bisa membrandingnya.

Karena itu, alumni Fisip Unair ini pun berharap, para santri memiliki bekal ilmu jurnalistik dan dapat membranding kegiatan positif di pesantren. Selain itu, dengan memiliki bekal ilmu menulis, para santri bisa menyebarkan informasi positif di media sosial.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO